Internalisasi Moderasi Beragama Di MTs. Negeri 2 Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Rayfi Mohammad Latif Universitas Islam Indonesia (UII), Jl. Kaliurang No.Km. 14,5, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55584, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(1).9070

Keywords:

Education, Internalization, Moderation

Abstract

Tindakan radikalisme, intoleranisme dan ekstrimisme merupakan penyakit dalam sebuah pemahaman yang mengatasnamakan agama. Dunia pendidikan islam dipandang sebagai basis laboratorium penyemaian nilai moderasi beragama dalam mencegah tindakan kebencian dan kekerasan di tengah keberagaman masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi moderasi beragama di MTsN 2 Manggarai Timur. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif perpaduan fenomenologis di lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis induktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses internalisasi moderasi beragama di MTsN 2 Manggarai Timur dilakukan melalui pengembangan kurikulum intrakurikuler dan kokurikuler. Pada kegiatan intrakurikuler, terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran agama dan proses pembelajarannya menggunakan model contextual teaching learning. Sedangkan pada kokurikuler mencangkup kegiatan jum’at kerohanian, tahfidz al-Qur’an dan rihlah. Dampak pembiasaan di sekolah yang diamati langsung oleh guru, peserta didik memiliki sikap tasamuh, ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah, ta’awun dan santun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Abdul Hamid. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 17 Kota Palu. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(14), 197.

Afroni, S. (2016). Makna ghuluw Dalam Islam : Benih Ekstremisme Beragama. Wawasan : Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 72.

Akhmad Fajron. (2020). Moderasi Beragama. Media Madani.

Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Bakry, M. (2018). Konstruksi Islam Moderat (Amri Aziz (ed.)). Lembaga Ladang Kata, 49.

Dera Nugraha. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren. Jurnal Al Amar, 2(1), 43–51.

Fitri, A. Z. (2015). Pendidikan Islam Wasathiyah: Melawan Arus Pemikiran Takfiri Di Nusantara. Kuriositas, Edisi VIII, Vol. 1, Juni 2015, vol 1.

Harun Nasution. (1985). Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya (5th ed.). UI Press.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Balitbang dan Diklat Kemenag.

Madyawati, L., Marhumah, M., & Rafiq, A. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak Di Era Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143.

Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi the Concept of Internalizing the Values of Religious. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 4(1), 72–82.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum (2nd ed.). PT. Raja Graindo Persada.

Salamah, N., Nugroho, M. A., & Nugroho, P. (2020). Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan. Quality, 8(2), 269.

Sanaky, H. A., & Safitri, E. (2016). Radikalisme Agama Dalam Perspektif Pendidikan. Millah, XIV(2), 337.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alpaberta.

Sutrisno, E., Karim, H. A., Sirajuddin, S., A.Hermawan, Saputra, A., Kusuma, B. M. A., Nurhadi, I., Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Nilai Moderasi Islam dan Internalisasinya di Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 25(1), 1.

Sutrisno Hadi. (2009). Metodologi Research. Andi Offset.

Titik Sunarti. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Karakter pada Siswa di SMP dalam Perspektif Fenomenologis. Pembangunan Pendidikan, 2(2), 185.

Yaya Suryana, & H.A Rusdiana. (2008). Pendidikan multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa “Konsep-Prinsip-Implementasi". Pustaka Setia.

Yunita, Y. (2018). Pembentukan Karakter Murid (Studi terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(2), 63–83.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Latif, R. M. (2022). Internalisasi Moderasi Beragama Di MTs. Negeri 2 Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 60–71. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(1).9070