Analysis of The Influence of Service Quality and Religiosity on Teachers’Interest of Al-Kautsar Islamic Boarding School in Saving at Islamic Banks in Pekanbaru

Authors

  • Putri Nuraini Program Studi Perbankan Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Hamzah Hamzah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).9019

Keywords:

Service quality, Religiosity, Interest in Savings, Pondok Modern Teachers

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap minat menabung di bank Syariah pada guru pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 54 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data adalah data primer dengan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan Software SPSS Versi 22. Pengujian hipotesis menggunakan analisis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap minat menabung diperoleh nilai thitung sebesar 5,365 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru Pondok Modern al-Kautsar Pekanbaru untuk menabung di Perbankan Syariah. Hasil pengujian religiusitas terhadap minat menabung diperoleh nilai thitung sebesar 3,521 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi sebesar 0.002 < 0.05. Hal ini berarti bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terdapat minat guru Pondok Modern al-Kautsar Pekanbaru untuk menabung di Perbankan Syariah. Uji F test menunjukkan kualitas pelayanan dan religiusitas secara simultas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan pengharuh sebesar 72,6% sedangkan sisanya sebesar 27,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, D., & Suroso, F. N. (2008). Pisikologi Islam: Solusi atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hirmawan, M.R.A. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta), (Naskah Publikasi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta.

Irham Pakkawaru (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung dan Informasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bilancia, Vol. 12 No. 2.

Kotler, P., & Gary, A. (2002). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). Analisis religiusitas terhadap minat menabung di bank syariah. Kota pekanbaru. 4(November), 512–520.

Pakkawaru, I. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung dan Informasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bilancia, 12(2), p. 365-387.

Purwanto, A. (2016). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah. Skripsi, IAIN Salatiga.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.

Spillane, J.J. (2006). Pelayanan Yang Berkualitas. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi, Mixed Methods, Bandung: Alfabeta.

Suprihati. S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 7(10), p. 443-450.

Suranto. (2019). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan Program SPSS. Loka Aksara. Tangerang.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zahro, S.F. (2019), Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Brisyariah Kcp Demak).

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Nuraini, P., & Hamzah, H. (2022). Analysis of The Influence of Service Quality and Religiosity on Teachers’Interest of Al-Kautsar Islamic Boarding School in Saving at Islamic Banks in Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 154–165. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2022.vol19(2).9019