Implications of The Kufah Madhhab in Nahwu for Enhancing Nahwiyah Skills Among Beginners at Islamic Boarding Schools

Authors

  • Muhammad Afthon Ulin Nuha Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Ulfa Ulfa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia
  • Baiq Tuhfatul Unsi IAI Bani Fattah Jombang, Indonesia
  • Muh. Sabilar Rosyad Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik, Indonesia
  • Nurul Musyafaah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).16344

Keywords:

Nahwu, Madhhab Kufah, Maharah Nahwiyah, Pondok Pesantren

Abstract

Nahwu Madhhab Kufah di Indonesia secara tidak langsung sudah diterapkan di Pondok Pesantren namun tanpa disadari oleh para pembelajar Nahwu, dan juga Penerapannya dalam pembelajaran Nahwu dapat menambah khazanah keilmuan dalam bidang bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari Nahwu Madhhab Kufah terhadap peningkatan Maharah Nahwiyah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-C dan VII-D di MTsN 3 Jombang. Instrumen yang digunakan mencakup pretest dan posttest, sementara analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar (post-test) siswa di kelas eksperimen mencapai 89,02, sedangkan di kelas kontrol sebesar 81,46. Dari hasil rata-rata tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Nahwu dengan menggunakan Nahwu Madhhab Kufah memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan pendekatan tersebut. Dengan demikian, model pembelajaran dengan Nahwu Madhhab Kufah menjadi salah satu cara untuk mencapai hasil belajar yang baik dan tinggi dalam pembelajaran Nahwu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Rokhmatulloh, N., & Wardi, M. (2021). Perencanaan kurikulum berbasis pesantren di sekolah menengah kejuruan. Journal MULTICULTURAL of Islamic Education, 4(2), 44-62.

Al-Baijuri, I. (n.d.). Fath Rabb al-Bariyah. Maktabat wa Matba’at Ahmad bin Said bin Nadzam.

Aliyah, A. (2018). Pesantren tradisional sebagai basis pembelajaran nahwu dan sharaf dengan menggunakan kitab kuning. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi, Query date: 2022-09-01 08:38:39. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib/article/view/966

Amir, B., & Rasmi, M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Qawa'id Nahwu Terhadap Keterampilan Membaca Mahasiswa IAIN Bone. Didaktika: Jurnal Kependidikan. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/956

Ansori, M. (2020). Metode penelitian kuantitatif Edisi 2. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=rKbJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=metode+penelitian&ots=jLXXpYWp_F&sig=ctQ9SInxzuIQbCoDEynjV5VrMz4

Awaluddin, A. (2021). Kemampuan Baca Kitab Kuning di Pesantren (Studi Komparatif Metode Mumtaz dan Metode Qawaid wa Tarjamah pada Pendidikan Diniyah Formal. PUSAKA, Query date: 2022-07-05 14:41:01. https://blamakassar.e-journal.id/pusaka/article/view/524

Aziz, M. A. (2021). تحليل الأخطاء النحوية لدى الطلبة فى قراءة كتب التراث: Analisa kesalahan nahwu siswa dalam membaca kitab klasik‎. JURNAL AL-IHDA: Media Ilmiah Bahasa Arab. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/al-ihda/article/view/58

Aziza, I., Mardhiyah, S. M., & Hilmi, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Al Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bulupayung Malang. Ebtida': Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 106-116.

Cahyani, A., & Hanani, N. (2022). Problematika Pembelajaran Kitab Jurumiyah Dalam Memahami Ilmu Nahwu Bagi Santri Ulul Albab Manisrenggo Kediri. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4612

Fitri, A., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development. repo.uinsatu.ac.id. http://repo.uinsatu.ac.id/23533/

Hasanah, N., & Faruq, M. A. (2021). Edukasi Ilmu Nahwu “Jurumiyah” Tingkat Pemula di PP. Al-Ma’ruf Jurang Wuluh Kedawung Mojo Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat …. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/JPMD/article/view/405

Kamal, M. (2021). Mazhab-Mazhab Sintaksis Bahasa Arab ’Nahwu’(Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, Mesir). Jurnal Bina Ilmu Cendekia, Query date: 2023-08-22 10:38:27.

Nuha, M. (2018). Nasy’at Nahw Al-Arabi. An-Nas, 2(2), 213–224.

Nurhayati, T., & Rudi, A. (2023). Perdebatan Madzhab Bashrah Dan Kufah Dalam Penetapan Kaidah-Kaidah Nahwu.

JILBAP: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan …, Query date: 2023-08-22 10:38:27. https://www.jurnalinkadha.org/index.php/jilbap/article/view/312

Rini, R. (2019). Ushul al-Nahwi al-Arabi: Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 145–162.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Ulin Nuha, M. A., Ulfa, U., Unsi, B. T., Rosyad, M. S., & Musyafaah, N. (2024). Implications of The Kufah Madhhab in Nahwu for Enhancing Nahwiyah Skills Among Beginners at Islamic Boarding Schools. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 134–146. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).16344