Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme)

Authors

  • Zalyana Zalyana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1512

Keywords:

Behaviorisme,, Konstruktivisme, Komparasi,, Strategi Pembelajaran

Abstract

Teori pembelajaran dapat dimaknai juga sebagai cara pandang seseorang tentang belajar, mengapa, dan bagaimana proses belajar itu terjadi. Terdapat berbagai pandangan atau teori yang menjelaskan bagaimana belajar dan pembelajaran itu terjadi.Seperti teori Behaviorisme dan Konstructivisme. Kedua teori ini bertolak belakang di dalam memandang konsep, dan strategi belajar, serta peran guru di dalamnya. Oleh karena itu tulisan ini akan berusaha untuk membandingkan ketiga konsep di atas dengan tujuan ingin mengetahui pandangan teori Behaviorisme dan Konstruktivisme tentang belajar, strategi dan peran guru. Untuk tujuan di atas penulis menggunakan metode induktif Komparasi yang dikemukan oleh George ZF. Bereday.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-04-15

How to Cite

Zalyana, Z. (2016). Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 71–81. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1512