The Influence Of Student Engagement In Organizations, Soft Skills, And Hard Skills On Employment Readiness (A Case Study On Social Science Students In Pekanbaru City)
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(2).14473Keywords:
Keaktifan Mahasiswa Berorganisasi, Soft Skill, Hard Skill, Kesiapan KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sejauh mana pengaruh keaktifan mahasiswa, soft skill, dan hard skill terhadap kesiapan kerja di kalangan mahasiswa bidang sosial. Penelitian ini melibatkan tiga variabel independen: keaktifan mahasiswa, soft skill, dan hard skill, serta satu variabel dependen, yaitu kesiapan kerja. Metode analisis yang digunakan adalah Model Persamaan Struktural (SEM) menggunakan Partial Least Squares (PLS). Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh responden, yaitu mahasiswa bidang sosial di kota Pekanbaru yang aktif terlibat dalam organisasi kampus. Hasil penelitian yang di dapatkan berdasarkan Uji Parsial (uji-t), adalah sebagai berikut: a) Terdapat pengaruh signifikan dari keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja. b) Terdapat pengaruh signifikan dari soft skill terhadap kesiapan kerja. c) Tidak terdapat pengaruh signifikan dari hard skill terhadap kesiapan kerja. d) Terdapat pengaruh bersamaan yang signifikan dari keaktifan mahasiswa dalam organisasi, soft skill, dan hard skill terhadap kesiapan kerja.
Downloads
References
Andika, K. F. (2019). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(2), 69. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i2.19570.
Anisa, U. F., Dewita, N. S., & Donnelly, R. (2021). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Riau (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Riau). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–13.
Continisio, G. I., Serra, N., Guillari, A., Simeone, S., Lucchese, R., Gargiulo, G., Toscano, S., Capo, M., Capuano, A., Sarracino, F., Esposito, M. R., & Rea, T. (2021). Evaluation of soft skills among Italian healthcare rehabilitators: A cross-sectional study. Journal of Public Health Research, 10(3), 522–528. https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2002.
Deswarta, D., Mardianty, D., & Bowo, B. (2023). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau Dimasa Endemi Covid 19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 364–372. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.
Hidayanti, A. A., & Prathama, B. D. (2019). Pengaruh Hardskill Dan Softskill Terhadap Kemampuan Merancang Prospek Usaha Melalui Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Dan Alumni Stie Amm Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 3(2), 58–66.
Hulu, F. (2020). Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Soft Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Bisnis 2016. Niagawan, 9(3), 263. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.20327.
Irmayanti, I., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Berorganisasi Terhadap Kesiapan Kerja Dengan Soft Skill Sebagai Variabel Intervening. Review of Accounting and Business, 1(1), 54–66. https://doi.org/10.52250/reas.v1i1.335.
Junaidi, N., Silvia, A., & Susanti, D. (2018). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(2), 408. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4762.
Safar, N. F., Rasyid, M. R., & Yuliany, N. (2019). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika Uin Alauddin Makassar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(2), 53. https://doi.org/10.24252/asma.v1i2.11251.
Sari, R., & Syofyan, R. (2021). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Lapangan dan Prestasi Akademik yang Dimoderasi oleh Keaktifan Mahasiswa dalam Berorganisasi Terhadap Kesiapan Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Ecogen, 4(2), 198. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11069.
Schweinsberg, A., Mundy, M. E., Dyer, K. R., & Garivaldis, F. (2021). Psychology Education and Work Readiness Integration: A Call for Research in Australia. Frontiers in Psychology, 12(April). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.623353.
Setiarini, H., Prabowo, H., Sutrisno, S., & Gultom, H. C. (2022). Pengaruh Soft Skill Dan Pengalaman Magang Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 195–204. https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i2.941.
Sholikhah, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fe Unesa Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 76–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/24509.
Siu, O. C. (2019). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Kecerdasan Sosial Program Studi Manajemen Profesional Management College Indonesia. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 1(1), 40–49. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v1i1.6.
Sugiarti, Y., Julyanidar, G. K., Rahayu, D. L., & Khoerunnisa, I. (2021). Hard Skills and Soft Skills as a Result of Industrial Practices and Their Impact on Graduates Job Performance. 520(Tvet 2020), 29–32. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.080.
Suyanto, F., Rahmi, E., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Minat Kerja Dan Pengalaman Magang Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(2), 187. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7311.
Wibowo, T. S., Badi’ati, A. Q., Annisa, A. A., Wahab, M. K. A., Jamaludin, M. R., Rozikan, M., Mufid, A., Fahmi, K., Purwanto, A., & Muhaini, A. (2020). Effect of Hard Skills, Soft Skills, Organizational Learning, and Innovation Capability on Islamic University Lecturers' Performance. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(7), 556–569. https://doi.org/10.31838/srp.2020.7.80.
Wisshak, S., & Hochholdinger, S. (2020). Perceived instructional requirements of soft-skills trainers and hard-skills trainers. Journal of Workplace Learning, 32(6), 405–416. https://doi.org/10.1108/JWL-02-2020-0029.
Zhang, J., Makanjee, C., Hayre, C. M., & Lewis, S. (2023). Australian graduate radiographers’ perspectives and experiences of work readiness. Journal of Medical Radiation Sciences, 254–261. https://doi.org/10.1002/jmrs.675.
Ghozali. (2020). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2019). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128 Hana Yoflike.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2019 ed.). Alfabeta.