Deriving Sunnatic Codes In Abrahamic Hospitality For Hospitable Event
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(2).14246Keywords:
Sunnah Keramahan Nabi Ibrahim, Acara Resepsi, PelayananAbstract
Al-Qur’an memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan kisah keramahtamahan Nabi Ibrahim (Abraham) kepada orang-orang beriman, yang menekankan pentingnya bagi mereka untuk merenungkan kisah tersebut dan mengambil pelajaran yang relevan darinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelajaran-pelajaran tersebut dan merancang aturan Sunnah yang dapat diterapkan pada acara ramah tamah. Dengan menggunakan metode tafsir tematik, penelitian ini mengkaji secara mendalam Al-Qur’an untuk memilah ayat-ayat yang relevan dengan topik yang bersangkutan dan menguraikannya lebih lanjut dengan dukungan hadis Nabi dan tafsir keilmuan. Studi ini menemukan bahwa kisah keramahtamahan Ibrahim diulang tiga kali di seluruh Al-Qur'an, semakin penting dan saling terkait informasi yang harus ditiru oleh orang-orang beriman dan penganutnya. Beberapa kata yang digunakan dalam kisah tersebut memuat panduan khusus yang berkaitan dengan sambutan ramah seperti salam yang melambangkan sapaan terbaik; yang dimaksud Ibrahim dan istrinya adalah penyambutan oleh pemilik atau tuan rumah; menunggu yang berarti tidak terburu-buru; betis menandakan bahan makanan lokal; lemak berarti bahan makanan berkualitas; hanidh berarti hidangan cepat saji namun tetap estetis; sambil menunjukkan kehati-hatian berarti jujur dalam mengungkapkan emosi.
Downloads
References
Al-Khatir, F.A., and al-Abd al-Qadir, M.S. (2019). Home Exiting for Women and Inter-acting with Foreign Men in the Light of the Holy Qur’an: An Objective Study. Journal of Kulliyyah al-Dirasat al-Islamiyyah wa al-Arabiyyah li al-Banat bi al-Iskandariyyah, (36)3, 127-172.
Abu K.H., Miqdad, H., and Uthman, M. (2019). Sahih al-Kutub al-Tis’ah wa Zawa’idu – Mausu’ah al-Sunan al-Sahihah, al-Hadiyah li Aqwam Sunan. Giza: al-Iman Publication.
Ahmad. (2001). Al-Musnad. Revision by al-Arna’ut et. al. Beirut: al-Risalah Publication.
Al-Aini. (n.d.). Umdah al-Qari Syarh Sahih al-Bukhari. Damascus-Beirut: Dar al-Fikr and Dar Ihya’ al-Turath al-Arabi.
Al-Asqalani. (1961). Fath al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Baghawi. (2000). Ma’alim al-Tanzil fi Tafsir al-Qur’an. Revision by ‘Abd al-Razzaq al-Mahdi. Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-Arabi.
Al-Bukhari, M.I. (1993). Al-Jami’ al-Sahih. Revised by Mustafa Dib al-Bugha. Damascus: Dar Ibn Kathir and Dar al-Yamamah.
Al-Dhiya, M. (2016). Al-Jami’ al-Kamil fi al-Hadith al-Sahih al-Syamil al-Murattab ‘ala Abwab al-Fiqh. Riyadh: Dar al-Salam.
Al-Harbi, I. (1985). Ikram al-Dhaif. Revision by Abdullah ‘A’idh al-Gharazi. Maktabah al-Sahabah.
Al-Jumai’i, S.M.Z. (2022). Al-Tafsir al-Maudhu’i Dirasah Ta’siliyyah Nadhariyyah. Journal Kulliyyah al-Dirasat al-Islamiyyah wa al-Arabiyyah lil Banat bi Jami’ah al-Azhar Far’ Kefr al-Sheikh. (6), 135-160.
Al-Nasa’ie. (1930). Al-Sunan. Cairo: Maktabah al-Tijariyyah al-Kubra.
Al-Nawawi. (1972). Syarh Muslim. Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-Arabi.
Al-Suyuthi. (1974). Al-Itqan fi Ulum al-Qur'an. Cairo: al-Hai'ah al-Misriyyah al-Ammah lil Kutub.
Al-Tha’labi. (2015). Al-Kasyf wa al-Bayan ‘an Tafsir al-Qur’an. Jeddah: Dar al-Tafsir.
Al-Tirmidhi. (1998). Al-Sunan. Revision by Bashshar ‘Awwad Ma’ruf. Beirut: Dar al-Gharb al-Islami.
Al-Zuhaili. (1998). Al-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. 2nd ed. Damascus: Dar al-Fikr.
Baah, N. G., Filep, S., Lin, M. S., & Badu-Baiden, F. (2023). Introduction of generosity into commercial hospitality: Conceptual foundations. Hospitality & Society, 13(2), 91-101.
Baalbaki, R. (1995). Al-Mawrid: Modern Arabic-English Dictionary. 2nd edition. Beirut: Dar el-Ilm Lilmalayin.
Conti, A. M. J., O'Gorman, K. D., & McAlpine, D. (2008). The Abrahamic Model of Hospitality: Hospitality to Those in Necessitudine. In EuroCHRIE 2008 Congress.
Daud, A. (2009) Al-Sunan. Beirut: Dar al-Risalah al-Alamiyyah.
Department of Standards Malaysia. (2012). MS 2446: 2012 Accommodation Premise - Classification - Criteria and Requirements for Hotels. Shah Alam: Department of Standards Malaysia.
Ibn Abd al-Bar, M. (n.d.). Bahjah al-Majalis wa Uns al-Majalis. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Ibn Abi al-Dunya. (1997). Qira al-Dhaif. Riyadh: Adhwa’ al-Salaf Publication.
Ibn Ashur. (1984). Tahrir al-Ma’na al-Sadid wa Tanwir al-‘Aql al-Jadid min Tafsir al-Kitab al-Majid. Tunisia: Dar al-Tunisiyyah.
Ibn Kathir, M.I. (1999). Tafsir al-Qur’an al-Adhim. Revision by Sami bin Muhammad Salamah. Dar Taibah.
Kevin D OíGorman & David McAlpine. (2008). The Abrahamic Model of Hospitality: Hospitality to Those in Necessitudine. EUROCHRIE Dubai 2008 Congress, 1-12.
Mansur, A.Q.M. (2002). Mausu’ah Ulum al-Qur’an. Halab: Dar al-Qalam al-Arabi.
McAvan, E. (2020). “The Reluctant Fundamentalist” and The Inhospitable State–Abrahamic Hospitality and The Limits of Multiculturalism. Journal for Cultural and Religious Theory (Spring 2020), 19(2), 337.
Ministry of Awqaf and Islamic Affairs, State of Kuwait. (1993). Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah. 1st ed. Egypt: Dar al-Sofwah.
Mohyedin, H. (2022). The Concept of “Thematic Interpretation of the Qur’an” Un Attempt to An Epistemological Precision. Journal Jam’iah Dimasyq li al-Ulum al-Islamiyyah. (2), 69-104.
Moyaert, M. (2011). Biblical, ethical, and hermeneutical reflections on narrative hospitality. Hosting the Stranger: Between Religions, 95-108.
Muslim, I.H. (1955). Al-Sahih. Revised by Muhammad Fu’ad Abd al-Baqi. Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-Arabi.
Reaves, J. R. (2017). Safeguarding the Stranger: An Abrahamic Theology and Ethic of Protective Hospitality. Safeguarding the Stranger, 1-318.
Statista Research Department. (2022). Travel, Tourism & Hospitality: Total value of tourism receipts in Malaysia from 2012 to 2021(in billion Malaysian ringgit). Accessed from https://www.statista.com/statistics/971706/total-tourism-receipts-malaysia/.
Turtle, B. (2011). Customer Service Done Right: When an Actual Human Being Answers the Phone. https://business.time.com/2011/08/25/customer-service-done-right-when-an-actual-human-being-answers-the-phone/.