Analysis Of People's Decisions To Choose Murabahah Financing Products Of Bank Syariah Pekanbaru City

Authors

  • Ficha Melina Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Marina Zulfa Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Hardiansyah Putra Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).12037

Keywords:

Pendapatan, Pembiayaan Muradabah, Bank Islam

Abstract

Pembiayaan merupakan solusi bagi seseorang untuk dapat memenuhi segala kebutuhan konsumtif dan kebutuhan ekonomi lainnya. Tujuan didirikannya lembaga keuangan syariah adalah untuk menerapkan prinsip-prinsip ekonomi syariah untuk keuangan, perbankan, dan transaksi terkait lainnya. Riba dilarang dalam banyak operasional, keuntungan hukum harus diperoleh ketika melakukan bisnis dan berjualan, memberikan zakat adalah prinsip utama bank syariah. Berdasarkan hasil penelitian penulis sebelumnya, dengan persentase 77,03% yang menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman kuat yang memadai terhadap produk tersebut. Dari pemahaman masyarakat terhadap produk pembiayaan murabahah, penulis ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan warga Kota Pekanbaru untuk memilih produk pembiayaan murabahah   di bank syariah, sehingga penulis tertarik untuk menelaah lebih lanjut "Analisis Keputusan Masyarakat Memilih Produk Pembiayaan Murabahah Bank Syariah Kota Pekanbaru". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor pribadi dan psikologis mempengaruhi keputusan warga Kota Pekanbaru untuk memilih produk pembiayaan murabahah   di bank syariah. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang dari Kota Pekanbaru. Hasil berbagai uji regresi menunjukkan bahwa variabel personal dan psikologis sama-sama mempengaruhi variabel yield sebesar 68,0%. Selain itu, besarnya pengaruh antara pribadi dan psikologis (pada saat yang sama) pada hasil terlihat pada 0,558. Demikian pula, variabel psikologis memiliki pengaruh signifikan sebesar 0,382.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agami, B. S. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Memilih Produk Pembiayaan Murabahah Pada Baitul Maal Wat Tamwil Fajar (Studi pada Anggota BMT Fajar Cabang Bandar Lampung).

Akmal, B. (2021). Analisis Akad Wakalah Dalam Transaksi Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Antonio, M. S. (2007). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik . Gema Insani Press.

Arif, M. N. R. Al. (2012). Lembaga Keuangan Syariah Suatu Kajian Teoritis Praktis. CV. Pustaka Setia.

Daminik, E.R. (2013). Bagaimana Product Knowledge dan Product Involemnt Memotivasi Konsume. Jurnal Humaniora, 4(2).

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Kencana.

Ismail, T., Yusuf, R., & Piksi Ganesha, P. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. 5(3), 2021.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. dan K. L. K. (2013). Manajemen Pemasaran: Vol. Jilid 1 (Edisi 13). Erlangga.

Melina, F., & Zulfa, M. (2022). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah Bank Syariah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 338–351. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10448

Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syariah.

Firdaus, M. et al. (2005). Konsep dan Implementasi Bank Syariah. Renaisan Anggota IKAPI.

Nisa, K., & H. M. A. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Murabahah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 4(2), 150–160.

Setiadi, N.J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk strategi dan Penelitian Pemasaran (1st ed.). Kencana.

Rahmani, A. P. (n.d.). Pengaruh Kenyamanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 2022. https://journalkopin.acd/index.php/fairvalue

Sanusi, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba empat.

Downloads

Published

2024-04-27

How to Cite

Melina, F., Zulfa, M., & Putra, H. (2024). Analysis Of People’s Decisions To Choose Murabahah Financing Products Of Bank Syariah Pekanbaru City. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 53–64. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).12037