uncorrected 2

Article Number: 3927

Titled: INTEGRASI ILMU DAN AGAMA:ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN UMUM DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Muhamad Tisna Nugraha
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
email: tisnanugraha2014@yahoo.com

ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsi praktik integrasi ilmu pengetahuan dan agama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), serta berbagai kendala yang dihadapi dalam merealisasikannya. Untuk itu, maka peneliti menggunakan studi kepustakaan (Library Research) dengan metode kualitatif dalam rangka menarik kesimpulan hasil penelitian. Selain itu, pengambilan data penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen berupa teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Integrasi ilmu pengetahuan dan agama dilaksanakan dengan interprestasi yang berbeda-beda di masing-masing PTKI. 2) jika dilihat dari proporsi muatan kurikulum sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Lembaga Pendidikan dan Tenaga Pendidik Pasal 8 ayat 1, maka persentase muatan pendidikan umum dan agama belum dapat dikatakan proporsional dengan kebutuhan PTKI. 3). Tidak diketahui secara pasti jumlah praktik integrasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dengan bidang keahlian umum dan dosen bidang keahlian agama, maupun kolaborasi antar keduanya serta standar aturan ketercapaian hal tersebut.

Kata Kunci: Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama di Perguruan Tinggi

 

ABSTRACT

This research aims to describe the practice of integration science and religion in Islamic Religious Colleges (PTKI), and various obstacles in realizing it. For that reason, researchers used library research (qualitative library research) with qualitative methods to get research conclusions. The data collection of this study, used instruments of observation and documentation techniques. Based on the the research discussion, it can be concluded that: 1) Integration of science and religion is implemented with different interpretations in each PTKI. 2) Proportion of curriculum content in the Regulation of the Minister of Religion of Republic Indonesia Number 15 Year 2018 about Educational Institutions and Educator Staff Article 8 paragraph 1, the percentage of general knowledge and religious education content is not proportional with PTKI. 3). It is not known certainty the number of research and community service practices by lecturers with general expertise and lecturers with ​​religious expertise, so are as collaboration between the two as both and the standards for the achievement of these rules.

Keywords: Integration Science & Religion in College.

 

 

Daftar Pustaka

Achmadi, Asmoro. (2001). Filsafat Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Amin, A. Rifqi. (2014). Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Deepublish.

Anggito, Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Dickerson, Matthew. (2016). The Mind and The Machine. Oregon: Cascade Books.

Hani’ah. (2001). Agama Pragmatis: Telaah atas Konsepsi Agama John Dewey. Magelang: Terra.

Hardjana. Agus M. (2015). Religiostas, Agama dan Spiritulaitas. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Nugraha, Muhamad Tisna. (2019). Sejarah Pendidikan Islam: Memahami Kemajuan Peradaban Islam Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Diandra.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sholeh. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 14, No 2. 209-221.

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Tambak, Syahraini. (2005). Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 12, No 2. 182-199.

Tafsirweb.com, diakses Rabu tanggal, 19 September 2019.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. (2018). Integrasi Pendidikan Islam dan Sains. Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi.

Wikipedia.com diakses Kamis, tanggal 09 September 2019.