MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Authors

  • Zurina Zurina

Keywords:

Strategi Pembelajaran Genius Learning, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar

Abstract

Belajar merupakan proses yang ditandai adanya perubahan pada diri seseorang. Antara
proses belajar dengan perubahan adalah dua gejala yang saling terkait yakni belajar
sebagai proses dan perubahan sebagai bukti dari hasil yang diperoleh. Dalam
pelaksanaannya, pembelajaran mengandung serangkaian perbuatan guru dan peserta didik
atas hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan
tertentu. Guru sebagai seorang pendidik yang terlibat langsung dalam pelaksanaan
pembelajaran bertugas menciptakan kondisi belajar yang dapat membuat peserta didik
belajar dengan optimal sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Proses
pembelajaran dengan menciptakan suasana kondusif terlebih dahulu dapat mengembangkan
seluruh cara kerja otak karena belajar yang sesuai dengan cara kerja otak akan
meningkatkan kemampuan dan mempermudah proses pembelajaran, sehingga proses
pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien, dan menyenangkan. Salah satu strategi yang
dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang kondusif dan mengatasi kesulitan peserta
didik adalah strategi Genius Learning dengan tujuan menggugah sepenuhnya kemampuan
belajar, membuat menyenangkan, dan dapat meningkatkan hasil belajar. Genius Learning
adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu rangkaian pendekatan praktis
dalam upaya meningkatkan hasil proses pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran
genius learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Hal ini dapat dilihat dari makin meningkatnya pemahaman peserta didik terhadap materi
yang disampaikan guru pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
(SPLDV) Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III yaitu masing –
masing 77,14%, 85,71% dan 94,29%. Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara
klasikal telah tercapai. Dan aktivitas peserta didik peserta didik meningkat dari siklus I,
siklus II dan siklus III sebesar 78,18%, 80,49% dan 82,89%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-23

How to Cite

Zurina, Z. (2017). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 7(14), 1–19. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/view/278