PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KESIAPAN MENTAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 PEKANBARU

Authors

  • Sukarni
  • Rani Puji Rahayu Sitompul

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2021.vol9(2).8495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar melalui kesiapan mental siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif eksplanasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 6 Pekanbaru pada bulan Februari 2021. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 136 orang siswa. Adapun teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Analisis hipotesis yang digunakan adalah uji path analysis atau analisis jalur dan uji sobel dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan secara langsung minat terhadap hasil belajar sebesar 0,285 dengan p-value nya sebesar 0,001 ≤ dari 0,05, 2) terdapat pengaruh kesiapan mental terhadap hasil belajar sebesar 0,288 dengan p-value sebesar 0,001 ≤ dari 0,05, 3) terdapat pengaruh signifikan minat terhadap kesiapan mental sebesar 0,472 dengan p-value 0,000 ≤ dari 0,05, dan 4) terdapat pengaruh signifikan secara tidak langsung minat terhadap hasil belajar melalui kesiapan mental yaitu sebesar 14,77% dengan p-value(Z sig(two)) sebesar 0,0463 ≤ dari 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Sukarni, & Rani Puji Rahayu Sitompul. (2021). PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KESIAPAN MENTAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 PEKANBARU . PEKA, 9(2). https://doi.org/10.25299/peka.2021.vol9(2).8495

Issue

Section

Articles