PENGARUH KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BATANG CENAKU

  • Nur Istinggofaroh
  • Fitriani

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas dan keaktifan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Cenaku. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling. Analisis data kuantitatif meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, serta analisis koefesien determiasi (R2). Hasil pengujian hipotesis, diketahui nilai t hitung 0,981 dengan t tabel 1,667 untuk variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas. Sedangkan pada variabel keaktifan nilai t hitung 1,123 dan t tabel 1,667. Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas dan kekatifan terhadap hasil belajar siswa secara partial. Namun, dari hasil uji F diketahui Fhitung 5,131Ftabel 3,11, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian mengerjakan tugas dan keaktifan belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Batang Cenaku.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
Nur Istinggofaroh, & Fitriani. (2021). PENGARUH KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN KEAKTIFAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BATANG CENAKU. PEKA, 9(1). https://doi.org/10.25299/peka.2021.vol9(1).7875
Section
Articles
Abstract viewed = 25 times
Pdf downloaded = 12 times