ANALISIS PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Sriningsih
  • Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).6688

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa keala XI IPS di SMA Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Populasi penelitian ini berjumlah 283 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tambang yang berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kusioner dengan mengacu pada indikator peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Indikator tersebut terdiri dari mencari tahu permasalahan dan faktor penyebabnya, melaksanakan tes, melakukan pertemuan dengan orang tua, menyediakan pembelajaran yang efektif, dan memberikan saran tentang kemungkinan cara mengatasinya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dari 5 indikator, indikator peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang rendah skornya adalah melaksanakan tes sebesar 65,7%, sedangkan Indikator peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang paling tinggi skornya adalah memberikan saran tentang cara mengatasinya sebesar 70,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Sriningsih, & Fitriani. (2020). ANALISIS PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA . PEKA, 8(1). https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).6688

Issue

Section

Articles