PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN TERHADAP HUMAN DEVELOPMENT INDEX (HDI) DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2004 SAMPAI DENGAN TAHUN 2023

Authors

  • Agus Baskara Universitas Islam Riau
  • Dadang Dahlan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2024.vol12(1).17564

Keywords:

Human Development Index, Anggaran Pendidikan, Kesejahteraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh anggaran pendidikan terhadap Human Development Index (HDI) di Indonesia dari tahun 2004 hingga 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, di mana variabel bebas adalah anggaran pendidikan dan variabel terikat adalah HDI. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari Departemen Keuangan Republik Indonesia, United Nations Development Programme (UNDP), dan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS dan AMOS untuk model regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara anggaran pendidikan dan HDI dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,943. Model regresi menghasilkan persamaan y=0,620+0,002xy = 0,620 + 0,002xy=0,620+0,002x, yang menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara anggaran pendidikan dan HDI. Setiap kenaikan satu triliun Rupiah dalam anggaran pendidikan diperkirakan meningkatkan HDI sebesar 0,002 unit. Hasil ini menunjukkan bahwa investasi dalam pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan manusia di Indonesia. Temuan ini mengindikasikan bahwa kebijakan peningkatan anggaran pendidikan dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ADB (Asian Development Bank). (2018). "Digital Innovation and the Future of Education in Asia." Manila: ADB.

Amalia, A. P. (2021). Education Budget Management, New Public Management and the COVID-19 Pandemic. Dinamika Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.15294/dp.v16i1.27141

ASEAN. (2020). "ASEAN Development Report".

Bappenas. (2005). "Indonesia: Strategies for Economic Recovery." Jakarta: Bappenas.

Barro, Robert, J. (2001). "Human Capital and Growth." American Economic Review, 91 (2): 12-17. DOI: 10.1257/aer.91.2.12.

Becker, G.S. (1964) Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education. University of Chicago Press, Chicago.

BPS (Badan Pusat Statistik). (2017). "Statistik Indonesia 2017." Jakarta: BPS.

BPS (Badan Pusat Statistik). (2021). "Indonesian Economic Indicators 2021." Jakarta: BPS.

Ernita, D. (2022). Pengaruh Alokasi Anggaran Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kabupaten Kerinci. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2). https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i2.1849

Fathony, A. A., & Prianty, F. (2019). Pengaruh Anggaran Pendidikan dan Penggunaan Anggaran Dana BOS Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri Se-Kecamatan Solokan Jeruk. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2015). "The Knowledge Capital of Nations: Education and the Economics of Growth".

Haq, M. (1995). "Reflections on Human Development". Oxford University Press.

Hariyanto, B. (2017). Education Policy in Indonesia. Indonesian Journal of Educational Studies.

Lengkong, S. M. K., Rotinsulu, D. C., & Walewangko, E. N. (2019). Pengaruh Alokasi Anggaran Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Bitung. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(2). https://doi.org/10.35794/jpekd.15783.19.2.2017

Mahadi, M., & Konadi, W. (2022). Pengaruh Anggaran Pendidikan, Kualitas Pendidik Dan Akreditasi Sekolah Terhadap Kualitas Lulusan (Studi Kasus Sma Di Provinsi Aceh Tahun 2017-2019). IndOmera, 1(2). https://doi.org/10.55178/idm.v1i2.200

Musgrave, R.A. (1959) The Theory of Public Finance. McGraw Hill, New York.

Nasution, A. (2018). "Ekonomi dan Pendidikan: Interaksi dan Implikasi".

Nussbaum, M. (2000). "Women and Human Development: The Capabilities Approach". Cambridge University Press.

OECD. (2017). "Education at a Glance: OECD Indicators".

OECD. (2018). Education at a Glance: OECD Indicators.

Psacharopoulos, G., & Patrinos, H. A. (2004). "Returns to Investment in Education: A Further Update." Education Economics, 12(2), 111-134.

Sabilah, F., Suparto, S., & Salahudin, S. (2023). Public Policy Analysis On Education Budget Allocation: Case Studys in Regencies/Municipalities East Java, Indonesia. Jurnal Studi Pemerintahan. https://doi.org/10.18196/jgp.v13i1.12529

Sari, A. I. C., Zakiah Fithah A’ini, & Martinus Tukiran. (2016). Pengaruh Anggaran Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Indonesi. 9(2), 1–23.

Schultz, T. W. (1971). Investment in Human Capital; The Role of Education and of Research, New York, The Free Press

Sen, A. (1999). "Development as Freedom". Oxford University Press.

Simangunsong, B. Y., & Charitin Devi. (2023). Pengaruh Alokasi Anggaran Pendidikan, Pengangguran, Dan Inflasi Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Sumatera Utara. Mimbar Administrasi Mandiri, 19(1). https://doi.org/10.37949/mimbar19154

Smith, A. (2019). Education in the Age of Globalization. Journal of Global Studies.

Suryadarma, D., & Jones, G. W. (2013). Education in Indonesia. Institute of Southeast Asian Studies.

Suryadarma, D., & Sumarto, S. (2011). "The Impact of BOS on Educational Access and Quality: A Policy Assessment." RISE Programme.

Suryadarma, D., et al. (2006). "The effect of budget allocation on educational quality in Indonesian schools".

Suryadarma, D., et al. (2013). "Educational Quality Improvement in Indonesia: Challenges and Policy Responses." Journal of Indonesian Economy and Business, 28(1), 1-17.

Tilaar, H. A. R. (2002). "Strategi Pendidikan Nasional dalam Konteks Globalisasi".

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNDP. (1990). "Human Development Report 1990: Concept and Measurement of Human Development".

UNDP. (2020). "Human Development Report 2020: The Next Frontier - Human Development and the Anthropocene".

UNDP. (2020). "Human Development Report 2020: The Next Frontier - Human Development and the Anthropocene." New York: United Nations Development Programme.

UNESCO. (2010). The Education for All Global Monitoring Report.

UNESCO. (2014). "Global Education Monitoring Report 2014/5: Education for All 2000-2015: Achievements and Challenges".

Wirajuda, K., & Budiantara, I. N. (2005). "Indonesia's Economic Recovery Post-Asian Financial Crisis." Journal of Southeast Asian Economies, 22(2), 209-227.

World Bank. (2018). "World Development Report 2018: Learning to Realize Education's Promise".

World Education Forum. (2015). Incheon Declaration: Education 2030.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Baskara, A., & Dahlan, D. (2024). PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN TERHADAP HUMAN DEVELOPMENT INDEX (HDI) DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2004 SAMPAI DENGAN TAHUN 2023 . PEKA, 12(1), 39–53. https://doi.org/10.25299/peka.2024.vol12(1).17564

Issue

Section

Articles