STRATEGI CITY BRANDING DALAM MEWUJUDKAN SMART CITY DI KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Raina Aifha Salshabilla Telkom University
  • Itca Istia Wahyuni Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).8803

Keywords:

Diskominfosanditik, strategy, city branding, smart city

Abstract

Kabupaten Sumedang saat ini tengah fokus dalam melakukan branding smart city dan berhasil meraih peringkat pertama sistem pemerintahan berbasis online dan mengahalahkan 127 kabupaten dan kota lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi city branding dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Sumedang. Penetlitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma kontruktivis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan empat informan, observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode tringulasi sumber data. Berdasarkan dari hasil penelitian strategi city branding yang dilakukan oleh Diskominfosanditik dalam mewujudkan smart yaitu melalui slogan “Sumedang Happy Digital Region” yang kemudian di komunikasikan kepada khalayak melaui media online seperti media sosial dan website Pemerintahan Kabupaten Sumedang dan media konvensional seperti media cetak, Tv, radio dan melalui kegiatan wawar keliling. Peneliti menyimpulkan bahwa Diskominfosanditik berhasil dalam membentuk city branding Sumedang dalam mewujudkan positioning sebagai smart city.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, D. Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung. CV Pustaka Setia.

Aditiya, I. M. (2021). 10 Wilayah dengan Penerapan Sistem Pemerintahan Elektronik Terbaik di Indonesia, 2020. Good News From Indonesia.

Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M. S., Azfa Pabulo, S.E., M. E., Bambang Supradono, S.T., M. E., Desman Hidayat, S.Kom, M. M., Dr. Dina Dellyana, S.Farm., Apt., MBA, Fariz Rizky Wijaya, A.Md., S. S., Drs. Herman Jusuf, M. P., & Michael Budiman Mulyadi, S.Kom, M., M. D. (2018). Kolase Pemikiran Ekonomi Kreatif Nasional (S. S. Giyarsi Retno Lestari (ed.)). Semarang. CV. Oxy Consultant.

Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana, M., Ashoer, M., Tjiptadi, D. D., Hendra, H., Simarmata, H. M. P., Berlien, R., & Hasyim, H. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran (A. Karim (ed.)). Jakarta. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=6zspEAAAQBAJ&lpg=PR15&dq=Manajemen Komunikasi&lr&hl=id&pg=PR15#v=onepage&q=Manajemen Komunikasi&f=false

Bryson, L. (1948). The communication of ideas a series of addresses (Conference). New York. Institute for Religious and Social Studies. https://archive.org/details/communicationofi00jewi/page/n13/mode/2up?_autoReadAloud=show&view=theater

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata : Tourism Communication. Jakarta. Prenadamedia Group.

Diskominfosanditik. (2019). Penyusunan Draf Masterplan Smart City. Sumedangkab.Go.Id. https://sumedangkab.go.id/berita/detail/penyusunan-draf-masterplan-smart-city

Dr. Drs. Ismail Nurdin, M. S. (2021). MANAJEMEN STRATEGIS SEKTOR PUBLIK. Pasuruan. Penerbit Qiara Media.

DR. Ir. Ahmad, AC, ST, M. (2020). Manajemen Strategis. . Makassar. Nas Media Pustaka.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus. Sukabumi. CV Jejak.

Kartajaya, H. (2004). Hermawan Kartajaya on Differentiation. Bandung. PT. Mizan Pustaka.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Severo Ochoa, winner of the Nobel Prize for physiology and medicine. His life and work. United States of America. Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).

Maharani, E., & Lintangdesi, A. (2021). Pengaruh E-Wom dan Talent Communicator Female Daily Dudes terhadap Brand Image. Jakarta. Journal Medium, Vol 9 No. 1, 1–16.

Panuju, D. R. (2019). Komunikasi Pemasaran Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta. KENCANA.

Pemerintah Kabupaten Sumedang. (2019). Sumedang Bersiap Menuju Transformasi Digital. Sumedangkab.Go.Id.

Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta. Deepublish.

Santana, S. (2007). Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Sedjati, R. S. (2015). Manajemen Strategis. Yogyakarta. Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tai, J., & Chew, W. (2012). Brand Management: 13 Strategi Untuk Mengembangkan Merek Anda. Jakarta. PT. INDEKS.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik. YogyakartaPenerbit Andi.

Trijupitasari, R., & Riauan, M. A. I. (2017). Pola Komunikasi Komisi Penanggulangan Aids (Kpa) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Bahaya Hiv Dan Aids Kepada Penjaja Sex Dan Gay. Pekanbaru. Journal Medium, Vol.6 No.1, 78–86. https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1089 DOI: https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1089

Uchjana Effendy, O. (1984). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Published

2022-02-04