STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NOVELIS INDAH RIYANA MELALUI APLIKASI WATTPAD

Authors

  • Nurjanah Nurjanah Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(2).5500

Abstract

Indah Riyana adalah penulis novel yang melakukan penulisan di Aplikasi Wattpad, dan telah berhasil mempromosikan  karyanya  sehingga tercatat sebagai tiga novel yang berhasil diterbitkan dan difilmkan. Jumlah pengikutnya lebih dari 140 ribu follower. Agar bisa dipublikasi Indah Riyana menggunakan strategi pemasaran. Tujuan  penelitian ini  untuk menganalisis bagaimana proses perencanaan, implementasi dan evaluasi dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Indah Riyana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui teknik purposive dengan informan sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Indah Riyana adalah menganalisis khalayak sasaran dengan fokus pada karya bergenre romansa remaja hingga dewasa muda, sekaligus memilih Wattpad sebagai media publikasi karya paling tepat melihat sistematika ranking, vote, komentar dan jumlah pembaca yang menguntungkan. Tahap implementasi, Indah Riyana menerapkan promosi penjualan melalui pre order dan special offer, penerapan event marketing dengan menginformasikan meet and greet, kuis dan giveaway, serta public relations menekankan pada publisitas. Tahap evaluasi dengan menganalisis efektivitas penerapan 4P dan mengetahui tanggapan segmentasi pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalem dan Sutari. 2017. Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Go-Jek dalam Meningkatkan Brand Awareness Cabang Bali. Denpasar: Universitas Dwijendra.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Herlina, Novi. 2017. Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sumbar_Rancak sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Online Mahasiswa FISIP UNRI, Volume 4 Nomor 2.
Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana
Moniaga, Nudya Afidah. 2018. Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Novel “Reivan&Reina” Karya Christa Bella Dalam Internet Community Forum (Studi Pada Internet Community Forum Wattpad dan Instagram). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Morissan, A.M. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Kencana.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mulyana. Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Nurjanah. 2018. Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Jurnal Medium, Volume 6 Nomor 2.
Prasetyo, Bambang D, dkk. 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru. Malang: Universitas Brawijaya Press
Rahmawati, Dewi. 2016. Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Rahma, Ade. 2018. Event sebagai Salah Satu Bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fashion Nasional (Event Tahunan Jakcloth). Nyimak (Journal of Communication), Volume 1 Nomor 2.
Shimp, Terence. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi Jilid 2 Edisi 8. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Syaharani, dan Mahadian. 2018. Perilaku Menulis Fanfiction oleh Penggemar Kpop di Wattpad. Jurnal Komunikasi Global, Volume 6 Nomor
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet

Downloads

Published

2021-01-29