Model Komunikasi Virtual Pemain Game PUBG MOBILE menggunakan Studi Etnografi Virtual Pada Kelompok Game PUBG MOBILE RPX E-Sport

  • Alvie Rosalino Triyantama Universitas Jenderal Soedirman
  • Edi Santoso Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini berfokus pada komunikiasi virtual yang terjadi pada kelompok game RPX E-Sport di dalam game PUBG MOBILE serta bertujuan untuk mengetahui model komunikasi virtual kelompok game RPX E-Sport dan apa yang dihasilkan dari komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta menggunakan studi etnografi virtual. Hasil Penelitian menunjukan bahwa komunikasi virtual menghasilkan ragam bahasa atau ciri khas istilah (kode) tertentu yang dipahami dan dimaknai sama oleh semua anggota tim RPX. Ciri khas istilah (kode) tersebut terlahir karena intesitas perbincangan secara virtual terjadi dalam kurun waktu yang lama dan secara intensif, karena setiap hari pada malam hari anggota tim RPX selalu bermain bersama. Komunikasi virtual yang terjalin dibantu oleh fitur-fitur yang ada di dalam game, yang memungkinkan para player berkomunikasi selayaknya seperti sedang telpon.Perbincangan atau topik-topik yang dibicarakan termediasi oleh game PUBG MOBILE yang menghasilkan suatu budayanya sendiri, yaitu bermain sambil membicarakan hal lain. Model komunikasi virtual yang dibuat untuk memetakan pola komunikasi virtual yang telah berlangsung selama observasi yang menandakan bahwa adanya skilus yang berputar dan bertambah setiap topik yang dibicarakan. Pertama di Lobby selanjutnya di dalam match, setelah selesai kembali ke lobby dengan tambahan topik lainnya lalu memulai match kembali.

Author Biographies

Alvie Rosalino Triyantama, Universitas Jenderal Soedirman

Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Edi Santoso, Universitas Jenderal Soedirman

Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Published
2019-09-19
How to Cite
TRIYANTAMA, Alvie Rosalino; SANTOSO, Edi. Model Komunikasi Virtual Pemain Game PUBG MOBILE menggunakan Studi Etnografi Virtual Pada Kelompok Game PUBG MOBILE RPX E-Sport. MEDIUM, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 53-70, sep. 2019. ISSN 2615-1308. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/3324>. Date accessed: 11 dec. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.