Efektivitas Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar, Bagian Dalam, dan Bagian Punggung Kaki Terhadap Penguasaan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola

https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).705

Authors

Keywords:

Dribbling, Kaki Bagian Luar, Kaki Bagian Dalam, Bagian Punggung Kaki, Keterampilan Dribbling Sepakbola

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dribbling dengan kaki bagian luar, bagian dalam, dan bagian punggung kaki terhadap keterampilan saat dribbling dalam permainan sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana pengambilan data dilakukan hanya satu kali. Populasi penelitian ini adalah anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Siliwangi sebanyak 30 orang. Sampel diambil sebanyak 30 orang sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dribbling dengan kaki bagian luar, bagian dalam, dan bagian punggung kaki.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut : 1) antara dribbling menggunakan kaki bagian luar dengan kaki bagian dalam terdapat perbedaan efektivitas yang bermakna terhadap kecepatan saat dribbling, 2) antara dribbling menggunakan kaki bagian luar dengan bagian punggung kaki tidak terdapat perbedaan efektivitas yang bermakna terhadap kecepatan saat dribbling, 3) antara dribbling menggunakan kaki bagian dalam dengan bagian punggung kaki terdapat perbedaan efektivitas yang bermakna terhadap kecepatan saat dribbling, dan 4) dribbling menggunakan kaki bagian dalam memiliki efektivitas yang lebih bermakna dibandingkan dribbling menggunakan kaki bagian luar dan bagian punggung kaki terhadap keterampilan dribbling anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Dalam upaya meningkatkan kecepatan saat dribbling dalam permainan sepakbola, disarankan kepada guru pendidikan jasmani, pelatih maupun pembina olahraga sepakbola agar menggunakan ketiga bentuk latihan di atas, karena terbukti secara empiris ketiga bentuk latihan tersebut dapat meningkatkan keterampilan dribbling permainan sepakbola.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-01

How to Cite

Subekti, N. (2017). Efektivitas Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar, Bagian Dalam, dan Bagian Punggung Kaki Terhadap Penguasaan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola. Journal Sport Area, 2(2), 88–95. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).705

Issue

Section

RESEARCH ARTICLES
Received 2017-09-14
Accepted 2017-12-19
Published 2017-12-01