Sistem Pemesanan Menu Pada Restoran Berbasis Android

Authors

  • Panji Rachmat Setiawan
  • Muhammad Syaifullah Teknik Informatika, STMIK AMIK Riau
  • Pandu Pratama Putra Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5866

Keywords:

Restoran, Android, Pelayanan, Makanan

Abstract

Pelayanan restoran dapat menentukan tingkat kepuasan pelanggan, dan akan berpengaruh terhadap eksistensi nya suatu restoran. Banyak hal yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, salah satunya adalah bentuk pelayanan berupa menu makanan dan minuman kepada pelanggan pada suatu restoran. Penyajian menu makanan dan minuman kadang membuat para pelanggan bingung, bagaimana bentuknya, apa komposisi dari makanan atau minuman, kandungan gizi, hingga terkadang harga dari makanan dan minuman tidak dicantumkan. Android merupakan suatu sistem operasi yang ada pada teknologi selular. Hingga saat ini, pengguna android khususnya di Indonesia sudah mencakup kepada setiap kalangan. Android dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara mengembangkan apllikasi untuk sistem operasi android. Banyak pengembangan aplikasi android bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan permasalahan yang ada. Pengembangan dari aplikasi android awalnya akan menggunakan data yang bersifat dummy, dan selanjutnya akan menggunakan data asli yang terjadi di lapangan. Pengembangan sistem aplikasi pemilihan menu pada restoran akan menggunakan aplikasi android, yang mana aplikasi ini akan membantu pelanggan, aplikasi ini akan dapat memberikan kandungan nutrisi pada makanan, informasi intoleransi bahan makanan, dan dapat mengumpulkan data yang menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan serta data yang bertujuan untuk melihat tingkat selera pada suatu makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. R. Kusnadi and N. Hasti, “ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI RESERVASI DAN ORDER MENU BERBASIS WEB PADA RESTORAN BEBEK VAN JAVA,” vol. 14, no. 1, pp. 129–140.

D. Irawan and E. Japarianto, “ANALISA PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PELANGGAN RESTORAN POR KEE SURABAYA,” J. Manaj. Pemasar., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2013.

A. Kusumawaty, “Aplikasi Pemesanan Makanan Pada Restoran Berbasis Android dan PHP Menggunakan Protokol JSON,” Univ. Gunadarma, 2012.

L. Candra and A. A. Alkodri, “Aplikasi Pemesanan Makanan Pada Bangka Original Cafe Berbasis Client Server Dengan Platform Android,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 2, p. 34, 2014, doi: 10.32736/sisfokom.v3i2.205.

R. Agustina, D. Suprianto, and I. Muslimin, “Analisis Perancangan Pemesanan Makanan Menggunakan Smartphone Berbasis Android,” Smatika J., vol. 7, no. 02, pp. 26–30, 2017, doi: 10.32664/smatika.v7i02.154.

S. Y. Frediyatma, “Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Cloud dengan Platform Android,” J. MERPATI, 2014.

N. Arie Sulistyawati and N. Seminari, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 4, no. 8, p. 250437, 2015.

R. Z. Kusumah and F. Indriani, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Di Semarang.” Universitas Diponegoro, 2011.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan berbasis objek). 2016.

L. J. Moleong, “Metodologi penelitian kualitatif,” 1989.

S. Margono, “Metodologi penelitian pendidikan.” Jakarta: rineka cipta, 2004.

T. Willay and T. Informatika, “Berbasis Android Menggunakan Metode Priority Scheduling,” pp. 1–11.

B. Raharjo and B. Raharjo, “Belajar otodidak membuat database menggunakan MySQL / Budi Raharjo,” 1. PANGKALAN DATA - PENGELOLAAN
2. MYSQL (progr. KOMPUTER),Belajar otodidak membuat database menggunakan MySQL / Budi Raharjo, 2011.

H. Hidayat, Hartono, and Sukiman, “Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP,” J. Ilm. Core IT Community Res. Inf. Technol., 2017.

A. F. K. Sibero, “Kitab Suci Web Programming.” 2011.

F. Luthfi, “Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 1, p. 34, 2017, doi: 10.14421/jiska.2017.21-05.

M. Delia and N. Andi, “Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk ( a-Desk ) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel ( Studi Kasus Di Pdam Surya Sembada Kota Surabaya ),” J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 02, pp. 75–81, 2018.

Downloads

Published

2020-12-09

How to Cite

Setiawan, P. R., Syaifullah, M. ., & Putra, P. P. . (2020). Sistem Pemesanan Menu Pada Restoran Berbasis Android. IT Journal Research and Development, 5(2), 193–203. https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5866

Issue

Section

Articles