Chatbot Sebagai Wadah Informasi Perkembangan Covid-19 di Kota Pekanbaru Menggunakan Platform Whatsapp
DOI:
https://doi.org/10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5842Keywords:
Covid-19, Informasi, String Matching, WhatsappAbstract
Perkembangan penularan Covid-19 ini cukup signifikan karena penyebarannya sudah mendunia dan seluruh negara merasakan dampaknya termasuk Indonesia.Pemerintah Indonesia baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah memberikan kebijakan Work from Home (WFH), belajar dari rumah, beribadah di rumah dan membatasi kegiatan yang mengundang khalayak ramai. Kebutuhan informasi terkait perkembangan Covid-19 juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi, informasi yang berkembang di kalangan masyarakat masih dipertanyakan keabsahan informasinya. Sehingga, dibutuhkan sumber terpercaya dan informasi yang berasal dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Peran media massa memberikan informasi yang baik dan benar, sehingga tidak menimbulkan kericuhan akibat isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Chatbot atau chatterbot merupakan program yang mampu memproses masukan dari pengguna dan menghasilkan tanggapan yang kemudian dikirim kembali ke pengguna. Kebutuhan informasi akan penyebaran Covid-19 yang bisa diperoleh dengan chatbot di platform whatsapp tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya masyarakat di Pekanbaru. Layanan chatbot yang mampu memberikan informasi terkini terkait jumlah pasien positif Covid-19, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), hingga informasi berupa pengetahuan untuk pencegahan Covid-19. Pembangunan chatbot ini akan menggunakan metode string matching dengan metode pengembangan sistem prototype. Dengan implementasi chatbot dengan platform whatsapp ini diharapkan mampu memberikan informasi terpercaya yang bersumber dari data milik pemerintah Kota Pekanbaru dan dapat menyediakan informasi pengetahuan tentang Covid-19 yang benar dan valid. Dengan aplikasi chatbot bagi para praktisi dapat menjadi bahan pertimbangan dan pencegahan agar melakukan social distancing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.
Downloads
References
Kang, D., Choi, H., Kim, J.-H., & Choi, J. (2019). Spatial Epidemic Dynamics of The Covid-19 Outbreak in China. International Journal of Infectious Diseases, 127065. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.03.076
Chavez, S., Long, B., Koyfman, A., & Liang, S. Y. (2020). Coronavirus Disease (Covid-19): A primer for emergency physicians. The American Journal of Emergency Medicine. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ajem.2020.03.036
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(3), 1689– 1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Vellingiri, B., Jayaramayya, K., Iyer, M., Narayanasamy, A., Govindasamy, V., Giridharan, B., Subramaniam, M.D. (2020). Covid-19: A Promising Cure for The Global Panic. Science of the Total Environment, 116142. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2020.116142
Whatsapp Inc. (2020). Tentang Whatsapp.
Van den Broeck, E., Zarouali, B., & Poels, K. (2019). Chatbot advertising effectiveness: When does the message get through? Computers in Human Behavior, 98(April), 150–157. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.04.009
Murad, D. F., Basukiputra, D. F., Wijaya, M. H., & Fauzi, M. I. (2019). Sistem Pendukung Media Pembelajaran Menggunakan Chatbot dan LINE Pada PKBM. ULTIMA InfoSys, X(2). https://doi.org/ISSN 2085-4579 Sistem
Murniaseh, E. (2020). WHO Rilis Pusat Informasi Covid-19 yang Bisa Diakses di WhatsApp.
Yen, M. Y., Schwartz, J., Chen, S. Y., King, C. C., Yang, G. Y., & Hsueh, P. R. (2020). Interrupting Covid-19 transmission by implementing enhanced traffic control bundling: Implications for global prevention and control efforts. Journal of Microbiology, Immunology and Infection, (xxxx), 0–3. https://doi.org/10.101/j.jmii.2020.03.011
Khatri, P., Singh, S., Belani, N. K., Leng, Y. Y., Lohan, R., Wei, L. Y., & Teo, W. Z. (2020). YouTube as source of information on 2019 novel coronavirus outbreak: A cross sectional study of English and Mandarin content. Travel Medicine and Infectious Disease, (February), 101636. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101636
Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., ... Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5
Heymann, D. L., & Shindo, N. (2020). Covid-19: what is next for public health? The Lancet, 395(10224), 542–545. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30374-3
Zumstein, D., & Hundertmark, S. (2018). Chatbot s - an interactive technology for per- sonalized communication, transactions and services. IADIS International Journal on WWW/Internet, 15(1).
Adiwardana, D., Luong, M.-T., So, D. R., Hall, J., Fiedel, N., Thoppilan, R., ... Le, Q. V.(2020). Towards a Human-like Open-Domain Chatbot . Retrieved from http://arxiv.org/abs/2001.09977
Mnasri, M. (2019). Recent advances in conversational NLP : Towards the standardization of Chatbot building. Retrieved from http://arxiv.org/abs/1903.09025
Singla, N., & Garg, D. (2012). String Matching Algorithms and their Applicability in various Applications. International Journal of Soft Cmputing and Engineering (IJSCE), 1(6), 218– 222.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. The copyright in the text of individual articles (including research articles, opinion articles, and abstracts) is the property of their respective authors, subject to a Creative Commons CC-BY-SA licence granted to all others. ITJRD allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allows the author to retain publishing rights without restrictions.