Aplikasi Penentuan Jalur Lokasi Penjemputan Mengunakan Algoritma Dijkstra Berbasis Mobile

Authors

  • Abdul Fadlil Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Imam Riadi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Moh Saefuloh Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol4(2).4041

Keywords:

Dijkstra, Android, Estimasi Waktu Tempuh

Abstract

Penentuan rute optimal merupakan suatu masalah yang sangat penting untuk dipecahkan karena berpengaruh terhadap waktu dan biaya operasional kendaraan. Penentuan rute optimal diperlukan untuk mendapatkan rute yang efisien. Salah satu permasalahan dalam penentuan jalur lokasi penjemput siswa di SMK Muhammadiyah Bumiayu, Kab. Brebes, Jawa Tengah itu sendiri dalam penetuan jalur lokasi penjemputan dengan menggunakan Algoritma Dijkstra. Di dalam Dijkstra itu sendiri  merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk mencari jarak terpendek, untuk  menentukan jalur lokasi penjemput antar siswa. Pengembangan sistem informasi yang dibuat dengan menggunakan Android digunakan untuk  penentuan jalur lokasi penjemput siswa (Halte). Hasil yang didapatkan dari penentuan jalur lokasi penjemputan siswa adalah mampu menemukan jarak terpendek dan jarak terpendek alternatif ketika terjadi hambatan (pemblokiran jalan dan Kemacetan) pada jalur terpendek utama dan juga dapat mengetahui estimasi waktu tempuhnya. Tujuannya dan manfaat dengan adanya aplikasi penentuan jalur lokasi penjemputan dengan menggunakan Algoritma Dijkstra berbasis mobile adalah untuk menentukan efesiensi rute penjemputan berdasarkan halte sekolah, waktu tempuh dan jumlah penumpang sedangkan Manfaat adalah untuk mengguranggi angka indek keterlambatan siswa, memberikan kemudahan akses kepada siswa-siswi SMK Muhammadiyah Bumiayu untuk pepesanan penjemputan, memberikan efisiensi waktu penjemputan siswa dan meningkatkan nilai jual SMK Muhammadiyah Bumiayu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C.AgustinaandT.Wahyudi,“Aplikasi game pendidikan berbasis android untuk memperkenalkan pakaian adat indonesia,” Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 1, no. 1, p. 1–8.

R. Angrarian, A. Suprayogi, and B. Yuwono, “Pembuatan aplikasi mobile gis berbasis android untuk informasi pariwisata di kabupaten gunungkidul,” Jurnal Geodesi Undip, vol. 4, no. Oktober, p. 43–51. [Online]. Available: https://doi.org/10.1007/s11280-007-0038-5

L. Bento, D. Boccardo, R. Machado, F. Miyazawa, V. Sa ́, and J. Szwarcfiter, “Dijkstra graphs,” Discrete Applied Mathematics, vol. 227, p. 11. [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.dam.2017.07.033

W. Casteren, “The waterfall model and agile methodologies : A comparison by project characteristics,” p. 10–13. [Online]. Available: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36825.72805

Y. Chen, S. Shen, T. Chen, and R. Yang, “Path optimization study for vehicles evacuation based on dijkstra algorithm,” Procedia Engineering, vol. 71, p. 159–165. [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.04.023

Y. Dinitz and R. Itzhak, “Hybrid bellman–ford–dijkstra algorithm,” Journal of Discrete Algorithms, vol. 42, p. 35–44. [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.jda.2017.01.001

A. Fadlil, R. Umar, and A. Budiman, “Perancangan sistem notifikasi mobile berbasis android sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan pembayaran. prosiding snst ke-9 tahun,” p. 2849–2856. [Online].

Available: https://doi.org/10.1360/N972017-00542

A. Hanggoro, R. Kridalukmana, and K. Martono, “Pembuatan aplikasi permainan “jakarta bersih” berbasis unity,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 4, p. 503–511.

A. Juansyah, “Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted – global positioning system (gps) dengan platform android,” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA, vol. 1, no. 1, p. 1–8.

H. N. Lengkong, A. A. Sinsuw, and A. L, “Perancangan penunjuk rute pada kendaraan pribadi menggunakan aplikasi mobile gis berbasis android yang terintegrasi pada google maps,” Jurnal Teknik Elektro

Dan Komputer, vol. 4, no. 2, p. 18–25.

Downloads

Published

2020-03-01

How to Cite

Fadlil, A., Riadi, I., & Saefuloh, M. (2020). Aplikasi Penentuan Jalur Lokasi Penjemputan Mengunakan Algoritma Dijkstra Berbasis Mobile. IT Journal Research and Development, 4(2). https://doi.org/10.25299/itjrd.2020.vol4(2).4041

Issue

Section

Articles