Implementasi Metode K-Means Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah

Authors

  • Rosmini Rosmini Magister Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Abdul Fadlil Sistem Informasi STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, Tarakan
  • Sunardi Sunardi Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1773

Keywords:

Data Mining, K-Means, Pengelompokan, Akitivitas Kuliah

Abstract

Tingkat kelulusan sangat penting dalam proses akreditasi untuk meningkat kualitas suatu perguruan tinggi. Lulusnya seorang mahasiswa dinyatakan apabila dapat menyelesaikan masa studi pendidikan, dan diukur dari nilai IPK mahasiswa agar dapat memudahkan proses penyelesaian tugas akhir mahasiswa dan memantau hasil belajar dengan melihat aktivitas kuliah mahasiswa, agar mahasiswa tersebut dapat dinyatakan lulus tepat waktu atau tidak. Data Clustering merupakan salah satu metode Data Mining yang bersifat tanpa arahan (unsupervised). Ada dua jenis data clustering yang sering dipergunakan dalam proses pengelompokan data yaitu hierarchical (hirarki) data clustering dan non-hierarchical (non hirarki) data clustering. K-Means merupakan salah satu metode clustering/pengelompokan non hirarki. Teknik pengelompkan datanya sederhana dan cepat, adapun beberapa kriteria yang digunakan dalam pengelompokan yaitu IPK, Presesnsi, Organisasi Kampus, Tanggungan Biaya Kuliah, Pekerjaan dan Status sebagai parameter atau alat ukur untuk memudahkan dalam mengelompokan mahasiswa, hal tersebut bertujuan untuk melihat hasil perkembangan mahasiswa apakah dapat lulus tepat waktu atau tidak. Manfaat penelitian ini memudahkan program studi dalam mengawasi dan mengevaluasi perkembangan studi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danny, H. (2014). Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma ID3 Untuk Mengklasifikasi Kelulusan Mahasiswa. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro

} Dwi, A., Uning, L dan Edy S. (2017). Implementasu Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal SCRIPT, Vol.5 No.1

Siska, H., Aji, S dan Eko, S. (2015). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algorritma C4.5. Jurnal Media Infotama, Vol.11 No.2.

Selvia, L., Wendi, Z dan Ida, H. (2014). Analisa dan Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahaiswa Berdasarkan Data Nilai Akademik. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi & Teknologi (SNAST) 2014.

Yudi, A, PhD. (2007). K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika vol.3, pp.47-60.

Rosmini, Abdul, F dan Sunardi. (2017). Perancangan Metode K-Means Clustering Dalam Pemberian Dispensasi Pembayaran Kuliah. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SEMANTIKOM).

Mundayani., Des, S. (2016). SPK Penyeleksian Calon Presiden Mahasiswa Universitas Islam Riau Menggunakan Metode Fuzzy-AH. IT Journal Research and Develoment (ITJRD). ISSN : 2528-4061.

Downloads

Published

2018-08-30

How to Cite

Rosmini, R., Fadlil, A., & Sunardi, S. (2018). Implementasi Metode K-Means Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah. IT Journal Research and Development, 3(1), 22–31. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1773

Issue

Section

Articles