Audit Aplikasi Inventori Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Store Nonna

Authors

  • Ricky Anderson Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia
  • Kevin Kevin Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia
  • Johanes Fernandes Andry Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1605

Keywords:

Audit, COBIT, DS, Inventory, Nonna Store

Abstract

Nonna merupakan toko yang menjual berbagai produk kecantikan dan kebutuhan wanita, dalam proses bisnis nya Nonna menggunakan aplikasi inventori untuk mendukung kinerja bisnis nya. Tujuan dari dilakukan nya audit pada toko ini adalah mengidentifikasi apakah aplikasi yang di gunakan sudah efektif dan efisien. Penulis akan menggunakan framework Cobit 4.1 sebagai pedoman audit. Pada proses audit ini penulis akan berfokus pada Deliver and Support dengan subdomain Deliver and Support 5 (Ensure Security System), Deliver and Support 7 (Educate and Train System), Deliver and Support 10 (Manage Problem), Deliver and Support 11 (Manage Data). Untuk teknik pengumpulan data, penulis akan melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil data yang di terima akan di analisis dengan Maturity level. Dari hasil penelitian, di temukan bahwa Deliver and Support 5 berada pada level 1,3 (Initial Ad/Hoc), lalu pada domain Deliver and Support 10 dan Deliver and Support 11 memiliki nilai 2 (Repeatable but Intuitive). Dengan itu diketahui bahwa tata kelola sistem informasi yang di terapkan oleh Nonna Store kurang dari yang di harapkan, yaitu level 3 Definie. Untuk itu penulis akan memberikan beberapa rekomendasi kepada pihak menejemen untuk mencapai level yang di harapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elsaddai, S. B., dan Andry, J. F., 2018, Audit Sistem Informasi Inventory Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5 Di Pt. Everlight, Ikraith-Informatika, Vol. 2, No. 1, Jakarta.

Karami, A. F., 2018, Manajemen Kualitas Data dan Informasi dengan Sistem Informasi untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Pabrik PT. Sari Aditya Loka 2, IT Journal Research and Development, Vol.2, No.2.

Andry, J. F., 2016, Audit Tata Kelola Ti Menggunakan Kerangka Kerja Cobit Pada Domain Ds Dan Me Di Perusahaan Kreavi Informatika Solusindo, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), Yogyakarta.

Fenny, dan Andry, J. F., 2017, Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Pt. Aneka Solusi Teknologi, Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2017, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, Jakarta.

Sukmajaya, I. B., dan Andry J. F., 2017, Audit Sistem Informasi Pada Aplikasi Accurate Menggunakan Model Cobit Framework 4.1(Studi Kasus: Pt. Setia Jaya Teknologi), Vol. 2, Seminar Nasional Teknoka.

Latif, A. A., dan Hanifi, N., 2013, Analyzing IT Function Using COBIT 4.1 – A Case Study of Malaysian Private University, Journal of Economics, Bussines and Management, Vol. 1 No. 4.

Juansyah, A, 2015, Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol. 1 No. 1, Bandung.

Kristinugraini, R., dan Rubhyanti, R., 2014, Sistem Informasi Inventory Obat Menggunakan Metode FIFO Pada Apotik Mugi Waras Semarang Berbasis Client Server, Stekom, Semarang.

Andry, J. F., 2016, Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Training Center di Jakarta Menggunakan framework COBIT 4.1, Vol. 3 No. 1, Jakarta.

Rozas, I. S., dan Effendy, D. A. R, 2012, Mengukur Efektifitas Hasil Audit Teknologi Informasi Cobit 4.1 Berdasarkan Perspektif End User, Vol 17 No. 2, Surabaya.

Muthmainnah, 2015, Model Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) Pada Proses Data Di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Vol. 6 No. 1, Lhokseumawe.

Syaroh, S., Utama, N. D., dan Kurniawan, E., 2011 Audit Sistem Informasi Call Center Pada PT Arga Bangun Bangsa (ESQ Leadership Center) Dengan menggunakan Framework Cobit, UIN Syarif Hidanayatullah, Jakarta.

Andry, J.F., Christianto, K. 2018. Audit Menggunakan COBIT 4.1 dan COBIT 5 dengan Case Study. Yogyakarta: TEKNOSAIN.

Downloads

Published

2018-08-30

How to Cite

Anderson, R., Kevin, K., & Andry, J. F. (2018). Audit Aplikasi Inventori Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Store Nonna. IT Journal Research and Development, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1605

Issue

Section

Articles