Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Bunut
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Guided Discovery Learning, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menerapkan model guided discovery learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Bunut yang berjumlah 18 orang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar pengamatan dan teknik tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik pengamatan dilakukan dengan lembar pengamatan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan tes kemampuan pemahaman matematis dilakukan melalui ulangan harian atau Tes Kemampuan Pemahaman Matematis (TKPM) setiap siklus yang dianalisis secara kuantitatif dengan analisis skor rata-rata kemampuan pemahaman tiap indikator dan analisis kemampuan pemahaman matematis dengan membandingkan skor sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Bunut. Hal ini terlihat dari rata-rata skor kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengalami peningkatan pada skor dasar ke TKPM I kemudian dari TKPM I ke TKPM II. Proses pembelajaran menunjukkan adanya perbaikan, siswa semakin antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, tetapi permasalahan yang terjadi adalah waktu yang sering kurang dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Bunut pada semester genap tahun ajaran 2018/2019.