Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga keuangan syariah yang mengatur keuangan masyarakat salah satunya adalah Pegadaian Syariah. Pelayanan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup bagi suatu perusahaan. Dengan pelayanan yang baik serta kenyamanan yang diberikan kepada nasabah dapat menentukan laju pertumbuhan suatu perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah. Metode penelitian adalah jenis penilitian kausalitas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Pegadaian Syariah Unit Tanah Merah berjumlah 1,436 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan random sampling yaitu mengambil secara acak sebanyak 94 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Dalam menganalisa data kuantitatif digunakan  analisis regresi linier sederhana dimana proses perhitungan menggunakan SPSS For windows Versi 16.0. Hasil penelitian diketahui dari hasil uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah. Ini diketahui dari tingginya tingkat signifikan sebesar 11,417 dan diketahui  nilai koefisien korelasi sebesar 0,766 atau 76.6% sehingga memiliki hubungan yang kuat. Kesimpulan terdapat kontribusi antara pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah. Diketahui besaran nilai koefisen determinasi sebesar 0,586 atau 58,6% dan sisanya 41,4% tidak termasuk dalam penelitian ini, jadi pengaruh pelayanan karyawan terhadap kepuasan nasabah sehingga memiliki hubungan yang kuat.

References

Arif, M. (2018). ANALISIS REKRUTMEN DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL OASE. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 42-63. doi:10.25299/jaip.2018.vol15(1).1584

Andri Soemitra, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta, Kencana, 2010.
Andrian Sutedi, Aspek Hukum Pengadaan Barang dan Jasa, jakarta, Sinar Grafika, 2009
Anwar Sanusi, Metode Penelitian Bisnis, Malang, Salemba Empat, 2011.

Ahmad, Kinerja Karyawan dalam Melayani Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah
Unit Pandau Permai Cabang Soebrantas, Skripsi, Program Studi Ekonomi Islam, 2015.
Rino Desanto W, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap Intensi Hunian Ulang Hotel Merdeka Medium, Skripsi, Program Studi EkonomiSyariah, 2008.
Ahmad Rodoni, Asuaransi dan Pegadaian syariah, Jakarta, Mitra Wahana Media,
2015.
Cholis Nafis, Mengenal Pegadaian Syariah, Jakarta, Bambu Wulong,2012.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta,
Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Jhon M.Echois et al, Kamus Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Jakarta, PT Gramedia, 2010
Daryanto, Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta, Gava Media, 2014.
Edy Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Prenada Media Group, 2009.
Fakultas Agama Islam, Panduan skripsi, Pekanbaru. 2012.
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistika, jakarta, PT.
Bumi Aksara, 2008.
Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Nina Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima, Graha Ilmu, 2010.
Nur Rianto Al Arif, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung, Alfabeta, 2010.
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2009.
Mardani, Ayat-ayat dan Hadist Ekonomi Syariah, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Musbahuddin Dan Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, PT. Bumi Aksara, 2013.
Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2008..
Mustafa Edwin Nasution, Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta, Kencana, 2006..
Ratminto, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2005.
Riduwan, Dasar-dasar Statistik, Bandung, Alfabeta,2009.
Ridwan dan Engkos, Cara Menggunakan dan Analisis Jalur (Path Analysis), Bandung, Alfabeta, 2007.
Santot ImamWahjono, Manajemen Pemasaran Bank, Surabaya, Graha Ilmu, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D, Alfabeta, Bandung, 2010.
Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistik, Jakarta, Alfabeta, 2011
Wiratna Sujarweni dan Poly Endrayanto, Statistik Untuk Penelitian, Yogyakarta, Graha Ilmu
Zainuddin Ali, Hukum Gadai Syariah, Jakarta, Sinar Grafika, 2008.
Published
2018-06-30
How to Cite
ZULKIFLI, Zulkifli. Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas. Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-12, june 2018. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/syarikat/article/view/2618>. Date accessed: 20 may 2019.