ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA SEI-PETAI TERHADAP PENYELENGGARAAN JENAZAH KEC. KAMPAR KIRI HILIR KAB. KAMPAR

  • Miftah Syarif Universitas Islam Riau
  • Ary Antony Putra Universitas Islam Riau
  • Mawardi Ahmad Universitas Islam Riau

Abstract

Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dengan fokus masalah   pada Bagaimana Tingkat  Pengetahuan  masyarakat Desa Sungai Petai Kec. Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar terhadap penyelenggaraan jenazah. Tujuan penelitian ini unutk mengetahui  tingkat  pengetahuan  masyarakat Desa Sungai Petai Kec. Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar terhadap penyelenggaraan jenazah. Subyek penelitian ini adalah masyarakat Desa Sei-Petai Kec. Kampar Kiri Hilir Kab. Kampar. Sedangkan obyeknya adalah Tingkat  Pengetahuan masyarakat Desa Sei-Petai Kec. Kampar Kiri Hilir Kab. Kampar terhadap penyelenggaraan jenazah. Populasi yang diambil adalah masyarakat Muslim Desa Sei-Petai Kec. Kampar Kiri Hilir Kab. Kampar yang berjumlah  441 orang, sedangkan sampelnya 44 orang. Dari keseluruhan sampel yang mengembalikan angket sebanyak 31 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengolahan dan analisa data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif  yaitu data yang terkumpul diedit, dikelompokkan, dan ditabulasi, untuk kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Pengetahuan Masyarakat Sungai Petai terhadap Penyelenggaraan Jenazah pada persentase 71,99%, berada pada rentang 50% - 79%, yang dapat diartikan dalam kategori “Cukup Baik”.

Published
2018-04-30
How to Cite
SYARIF, Miftah; PUTRA, Ary Antony; AHMAD, Mawardi. ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA SEI-PETAI TERHADAP PENYELENGGARAAN JENAZAH KEC. KAMPAR KIRI HILIR KAB. KAMPAR. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 96-110, apr. 2018. ISSN 2598-2168. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1589>. Date accessed: 21 may 2018.