Metakognitif: Bagaimana Belajar untuk Meningkatkan Prestasi

Authors

  • Najmi Hayati Universitas Islam Riau

Keywords:

Metakognitif,, Kemahiran Metakognitif,, Refleksi Metakognitif.

Abstract

Meriview siswa dengan mempunyai kemahiran metakognitif yang baik, untuk mendapatkan kemampuan belajar yang lebih efektif, siswa dengan sadar dapat merancang, memantau dan mengevaluasi kembali proses kognitif yang dimilikinya. Dengan ini siswa dapat lebih percaya diri dan lebih mandiri dalam belajar, lalu siswa akan lebih mahir dalam mengetahui apa yang mereka ketahui dan tidak mereka ketahui. Penulis mempromosikan pengembangan metakognitif didalam kelas untuk membantu siswa belajar bagaimana cara belajar yang lebih efisien. Obyektifnya dalam belajar siswa di gambarkan dalam tujuh aspek aktivitas pengembangan metakognitif pada proses belajar mengajar didalam kelas dan hubungannya dengan kemampuan metakognitif. Untuk itu pengajar perlu mempertimbangkan refleksi metakognitif ini didalam kelasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2011-04-15

How to Cite

Hayati, N. (2011). Metakognitif: Bagaimana Belajar untuk Meningkatkan Prestasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 25–32. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1534