Pembinaan Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Melalui Ekstrakurikuler

  • Mualimin Mualimin Universitas Lampung

Abstract

Program pembinaan pendidikan karakter akhlak mulia bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai moral sehingga anak akan mampu berpikir, berperasaan dan berperilaku sesuai dengan akhlak mulia. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program pembinaan pendidikan karakter akhlak mulia siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN 2 Palapa Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung. Dengan rumusan masalah bagaimana implementasi program pembinaan pendidikan karakter akhlak mulia siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler di SDN 2 Palapa dan faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat dalam pengimplementasian program pembinaan pendidikan karakter akhlak mulia siswa di SDN 2 Palapa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, komite, dan siswa disekolah SDN 2 Palapa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasai. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi program pembinaan pendidikan karakter akhlak mulia siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan seperti: penerangan bahaya narkoba, outbond bagi siswa, kebersihan dan kesehatan, memperingati tahun baru islam, lomba, bercerita mengarang ketauladanan nabi, dan pramuka. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi program pembinaan pendidikan karakter akhlak mulia siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN 2 Palapa Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung dapat merubah nilai-nilai akhlak siswa terhadap sesama teman, akhlak siswa terhadap guru, akhlak siswa terhadap lingkungan, tanggung jawab siswa terhadap tugas, kepatuhan siswa terhadap kerapihan dan tata tertib.

Published
2015-06-15
How to Cite
MUALIMIN, Mualimin. Pembinaan Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Melalui Ekstrakurikuler. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 94-116, june 2015. ISSN 2598-2168. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1451>. Date accessed: 16 aug. 2018.