Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Devi Arisanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1450

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, pendidikan agama Islam

Abstract

Pendidikan merupakan wadah untuk memperoleh ilmu yang ditransfer dari guru kepada para siswanya. Dalam pendidikan, istilah model pembelajaran tidak pernah bisa lepas dari setiap kegiatan antara guru dan para siswa dimana model pembelajaran merupakan strategi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Ketidakpuasan terhadap hasil dari model pembelajaran konvensional menjadikan para pakar pendidikan terus berupaya untuk mengembangkan suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu untuk memberikan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan proses pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang dianjurkan yaitu model pembelajaran kooperatif. Model ini menekankan agar para siswa mampu belajar memahami ilmu serta belajar bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran kooperatif juga mengajarkan siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik antar sesama siswa. Belajar menciptakan hubungan yang baik antara diantara siswa akan melatih siswa untuk terbiasa menciptakan hubungan yang baik diantara manusia. Tujuan ini sangat sesuai dengan ajaran agama islam. Sehingga dengan adanya model pembelajaran kooperatif ini, siswa akan mampu untuk melakukan interaksi yang baik diantara umat manusia baik dalam lingkungan pendidikan di sekolah maupun di lingkungan masyarakatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-04-15

How to Cite

Arisanti, D. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 82–93. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1450