Pengaruh Metode Bermain Peran Makro terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak

Authors

  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau
  • Tetin Trisnawati FKIP UIR

DOI:

https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1449

Keywords:

pendidikan, metode bermain peran makro, kemampuan berbicara anak

Abstract

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, dalam suatu bangsa harus mempersiapkan masa depan anak-anak melalui pendidikan yang tepat. Pendidikan tidak hanya sebagai kegiatan pentrasferan ilmu akan tetapi juga pengembangan karakter dan kemampuan diri anak. Kemampuan untuk bersosialisasi dan mengemukakan pendapat secara lisan merupakan kemampuan yang wajib dikembangan dari dalam diri anak. Salah satu metode yang dipergunakan dalam pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan bersosialisasi anak adalah metode bermain peran. Penelitian ini fokus terhadap investigasi pada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berbicara anak. Ini adalah merupak penelitian eksperimen, sedangkan pengumpulan data dalam penelitianju ini adalah observasi dengan menggunakan skala-skala yang akan mengukur kemampuan berbicara anak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode bermain peran makro terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 2 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-04-15

How to Cite

Sukenti, D., & Trisnawati, T. (2015). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 61–81. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1449