Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Islam Riau

Abstract

Upaya adalah salah satu usaha atau syarat untuk mencapai sesuatu maksud tertentu. Media visual merupakan media pembelajaran yang menyalurkan pesan lewat penglihatan. Yang terjadi dalam mengembangkan media visual di MAN Kuok Bangkinang, masih belum berjalan dengan maksimal hal tersebut terlihat dari gejala seperti guru kurang kreatif dalam mengembangkan media visual, guru kurang kreatif dalam menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa. Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah: Upaya guru mengembangkan media visual, khususnya media foto/gambar dalam proses pembelajaran Bidang studi Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Sejalan dengan masalah, maka dapat dirumuskan sebagai berikut: Apa saja upaya guru mengembangkan media visual dalam proses pembelajaran bidang studi Fiqih? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mengembangkan media visual dalam proses pembelajaran bidang studi Fiqih. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru bidang studi Fiqih MAN Kuok yakni 2 orang guru, dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan tehnik wawancara, kemudian datanya dianalisis untuk memperoleh hasil. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru mengembangkan media visual adalah Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, Merumuskan tujuan instruksional, Merumuskan butir-butir materi, Mengembangkan alat pengukur keberhasilan, Menulis naskah media, Mengadakan tes dan revisi.

Published
2018-01-31
How to Cite
ZULKIFLI, Zulkifli. Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 18-37, jan. 2018. ISSN 2598-2168. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/1170>. Date accessed: 26 june 2019.