IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAIKEM TIPE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DI MTS DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Nurvi Silvia
  • Tity Hastuti

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTs Desa Kualu melalui implementasi pendekatan PAIKEM tipe debat aktif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari-Maret 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Desa Kualu tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar evaluasi siswa untuk melihat hasil belajar. Lembar evaluasi siswa yaitu berkategori baik mencapai 81,5%. Aktivitas guru sudah mencapai sangat sempurna pada aktivitasnya. Aktivitas siswa mencapai 91,11% yang berkategori sangat tinggi. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM tipe debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Desa Kualu tahun ajaran 2014/2015.

                                                                               

Kata Kunci: Pendekatan PAIKEM Tipe Debat Aktif, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-07-31

How to Cite

Silvia, N., & Hastuti, T. (2017). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAIKEM TIPE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DI MTS DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. PEKA, 4(2), 143–154. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/495

Issue

Section

Articles