STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA MOVING CLASS DENGAN KELAS MENETAP (STUDI DESKRIPTIF PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MAN 1 PEKANBARU DAN MAN PASIR PENGARAIAN

Authors

  • Yoan Maharanti Prisandra
  • Tity Hastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang menggunakan moving class dengan kelas menetap. jenis penelitian ini adalah penelitian komparasional yaitu jenis penelitian yang ingin mengetahui perbedaan masing-masing variabel (X1 dan X2). Dimana dalam penelitian ini berusaha mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan moving class dengan siswa yang menggunakan kelas menetap. 

Penelitian ini dilakukan pada bulan januari 2014 di MAN 1 Pekanbaru dan MAN Pasir Pengaraian. dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Pekanbaru dan siswa kelas XI IPS MAN Pasir Pengaraian tahun ajaran 2014/2015. populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS MAN 1 Pekanbaru berjumlah 137 siswa, sedangkan siswa-siswi kelas XI IPS MAN Pasir Pengaraian berjumlah 50 siswa.

Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis uji signifikan. 't'. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa untuk mata pelajaran ekonomi, prestasi belajar yang diperoleh siswa baik itu siswa yang menggunakan moving class maupun siswa yang menggunakan kelas menetap memiliki kecenderungan nilai yang berbeda, artinya terdapat suatu perbedaan. dimana hasil perhitungan skor rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan moving class lebih tinggi sebesar 89,77, sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan kelas menetap adalah 85,08. hal ini berarti bahwa pengelolaan kelas sesuai karakteristik mata pelajaran dapat mendorong prestasi belajar siswa. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-04-10

How to Cite

Prisandra, Y. M., & Hastuti, T. (2017). STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA MOVING CLASS DENGAN KELAS MENETAP (STUDI DESKRIPTIF PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MAN 1 PEKANBARU DAN MAN PASIR PENGARAIAN. PEKA, 3(1), 72–81. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/170

Issue

Section

Articles