Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia

Authors

  • Nita Rimayanti Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau
  • Ana Yulianti Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
  • Belli Nasution Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau
  • Evawani Elysa Lubis Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499

Keywords:

Video Profil, Company Profil, Promosi, Video, Youtube

Abstract

Promosi merupakan salah satu cara untuk mengenalkan sebuah lembaga, salah satunya adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Riau yang memerlukan sebuah media untuk mempublikasi berbagai kegiatan dan karya-karya penelitian dan pengabdian yang telah dilaksanakan. Untuk itu perlu dibuat sebuah video profil yang dapat digunakan untuk memberikan informasi hasil kinerja LPPM UNRI Selama ini. Video tidak hanya menggunakan berbagai perlatan dan software akan tetapi dengan menyampaikan pesan yang tepat serta tepat dalam menggunakan kamera dan berbagai keperluan editing akan menghasilkan yang terbaik untuk media promosi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, perancangan yang menggunakan tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Penelitian ini menghasilkan sebuah video profile LPPM yang dapat digunakan selanjutnya oleh LPPM UNRI. Video berdurasi 32 menit yang mempunyai 2 segment sehingga dapat digunakan untuk presentasi, youtube dan di website LPPM UNRI. Video dapat disesuaikan dengan keperluan LPPM untuk waktu  9 menit, 14 menit, dan 32 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Joseph V. Mascelli, A.S.C, "The Five C’s Of Cinematography", California, Jakarta:Proyek

Terjemahan Yayasan Citra, 1986.

Astriyani, E, Dkk, "Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Di Pt. Surya Toto Indonesia Tbk. Kabupaten Tangerang", Jurnal CICES ISSN: 2356-5209, Vol. 2 No. 2, 2016.

Effendy, Heru, "Mari Membuat Film", Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.

Hidayati, D, "Pembuatan Video Profil Istana Mangkunegaran Surakarta Berbasis Multimedia", Journal Speed, ISSN : 2088-0154, Volume 2 No. 1, 2010.

Mulyadi, Acep, "Islam dan Etos Kerja : Relasi Antara Kualitas Keagamaan dengan etos Produktivitas Kerja di Daerah Kawasan Industri Kabupaten Bekasi", Jurnal Universitas Islam 45 Bekasi, Vol 4 No. 1, 2008.

Taufika, A, " Pembuatan Video Company Profile Berbasis Multimedia Di Hotel Taman Sari Karanganyar Kabupaten Karanganyar", Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013, Vol 2 No 1, ISSN: 2302-1136, 2013.

Tjiptono, F, “Strategi Pemasaran Edisi 4”, Yogyakarta:Penerbit Andi, 2014

Setiawan, Ridho Alvin, “LKP : Rancang Bangun Company Profil Berbasis Web Pada PT. Javastone Perkasa”. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2015.

Rachman, Abdul, “Dasar- Dasar Penyiaran”, Pekanbaru, Witra Irzani, 2009.

Downloads

Published

2019-03-25

How to Cite

Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. IT Journal Research and Development, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499

Issue

Section

Articles