Aplikasi Peringatan Dini Cuaca Menggunakan Running Text Berbasis Android

  • Indri Sulistianingsih Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Suherman Suherman Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Elida Pane Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Informasi tentang perannya sangat besar untuk kehidupan di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan sebagainya. Dalam kehidupan manusia, teknologi informasi berfungsi untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi juga digunakan untuk menyampaikan informasi di tempat-tempat umum terutama informasi yang disampaikan dan ditampilkan setiap saat selalu berubah sehingga informasi akan lebih efektif jika informasi disajikan dalam bentuk papan teks yang sedang berjalan. Menulis teks yang berjalan yang dikirim ke papan teks yang sedang berjalan saat ini masih bergantung pada perangkat koneksi USB (universal serial bus) baik dengan perangkat keyboard dan flashdisk yang mengharuskan pengguna untuk melakukan kontak fisik dengan papan teks yang sedang berjalan. Ini tentu saja dianggap tidak ramah pengguna kepada pengguna jika papan teks yang sedang berjalan berada di tempat yang sulit dijangkau. Dengan perkembangan teknologi nirkabel atau jaringan yang dapat membantu komunikasi nirkabel dan kolaborasi smartphone Android dapat memudahkan pengguna dalam mengirimkan informasi, terutama informasi tentang cuaca peringatan dini yang selalu diperbarui. Dalam penelitian ini penulis membuat aplikasi yang menjalankan teks yang dapat diperbarui menggunakan smartphone Android dengan kontrol mikrokontroler. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ini dapat menjadi solusi alternatif untuk memperbarui informasi menjadi teks yang berjalan yang dapat dengan mudah beroperasi hingga jarak lebih dari 50 meter dan dapat berfungsi dari depan atau belakang teks yang sedang berjalan.

References

BMKG, Keputusan No. 005 Tugas dan Fungsi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 2004.
[2] BMKG, “Pedoman Pelayanan Peringatan Dini Tsunami InaTEWS,” Edisi Kedu., Penerbit Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 2012.
[3] I. R. J. Anton Wasid Nugroho, Dedi Triyanto, “Aplikasi Running text dengan update Informasi.,” J. Coding Sist. Komput. Untan, 2015.
[4] I. F. Samijayani, Octarina Nur, Rahsanjani, “Perancangan Sistem Penulisan Text pada Running Text Menggunakan SMS,” Univ. Al Azhar Indones., 2014.
[5] H. Santoso, “Panduan Praktis Belajar Arduino untuk Pemula dan Rangkaian Source Code Sensor Teori Pendukung.” Brawijaya Malang, 2016.
[6] A. Kadir, Pemrograman Arduino dan Android menggunakan App Inventor. Elex Media Komputindo, 2014.
Published
2019-03-11
How to Cite
SULISTIANINGSIH, Indri; SUHERMAN, Suherman; PANE, Elida. Aplikasi Peringatan Dini Cuaca Menggunakan Running Text Berbasis Android. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 76 - 83, mar. 2019. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/1997>. Date accessed: 16 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1997.
Section
Articles