ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENDAPATKAN DANA PINJAMAN MODAL USAHA PADA UNIT LAYANAN MODAL MIKRO (ULAMM) DI KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU
Keywords:
Kebudayaan, Sosial, Pibadi, PsikologAbstract
Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mendapatkan dana pinjamn modal usaha di Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) Ujung Batu. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisis pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode estatistika, sehingga dapat diperoleh hasil penilain terhadap setiap variabel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara daftar pertanyaan (kuisioner), wawancara, observasi. Dan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu teknik insidintal sampling untuk penarikan sampel pada 30 konsumen.Adapun operasional variable penelitian ini adalah Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologis. Hasil penelitian ini untuk semua indikator yaitu kategori mempengaruhi. Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mendapatkan dana pinjaman modal usaha di Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) di Ujung Batu dari 4 indikator adalah mempengaruhi. Saran penulis adalah Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) Ujung Batu untuk lebih mempromosikan prodaknya kemasyarakat agar masyarakat luas mengetahui unit layanan modal mikro (ULAMM).