PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU BERWAKAF UANG

  • Dicky Mahendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Imsar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Wakaf Uang, Pengetahuan, Religiusitas, Perilaku Berwakaf

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap perilaku berwakaf uang. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu religiusitas dan pengetahuan dengan satu variabel dependen yaitu perilaku berwakaf uang. Setelah dilakukan tinjaun pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 63 Staf dan Pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SU dan Fakultas Ekonomi UISU dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan pengukuran skala likert. Data diproses melalui program SPSS Versi 22.0 dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas dan pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berwakaf uang. Dari hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel religiusitas dan pengetahuan secara simultan signifikan terhadap perilaku berwakaf uang dengan nilai F hitung lebih besar daripada F tabel. Berdasarkan analisis tersebut maka diambil suatu kesimpulan bahwa religiusitas dan pengetahuan mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku berwakaf uang. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh (R) sebesar 0,818 artinya terdapat hubungan kuat searah antara variabel pengetahuan dan religiusitas dengan perilaku berwakaf uang dan  dari hasil R square diperoleh hasil 0,669. Hal ini berarti variabel bebas pengetahuan dan religiusitas memiliki pengaruh 66,9% terhadap variabel terikat perilaku berwakaf uang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyani, Ayu Astrid. 2015. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Atas Siklus Penggajian Pada PT. “X” Di Surabaya. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 3(2), p. 1-20.

Al Kabisi, Muhammad Abid Abdullah. 2003. Hukum Wakaf, alih bahasa Ahrul sani Faturrahman dan Kuwais Mandiri Cahaya Persada. Ilman Press. Jakarta.

Al-Marawi. 2002. Ridho Mengatasi Sedih dengan Depresi. Jakarta. Belajar. Jakarta.

Cizakca, Murat. 1998. Awqaf In History And Its Implications For Modern Islami Economies. Islamic economic studies, 6(1), p. 43-70.

Departemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Syaamil Cipta Media. Bandung.

Direktorat Pemberdayaan Wakaf. 2003. Wakaf Uang dan Prospek Ekonomi diIndonesia. Kemenag RI. Jakarta.

Furqon, Ahmad. 2010. Praktek Perwakafan Uang di LKS–PWU Bank Syariah Mandiri Pusat. IAIN Walisongo. Semarang.

Harahap, Muhammad Ikhsan. 2020. Implementasi Produk Wakaf Uang Melalui Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Bank CIMB Niaga Syariah). Laporan Penelitian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hasan, Sudirman. 2011. Wakaf Uang Perspektif Fiqh, Hukum Positif dan Manajemen. UIN-Maliki Press. Malang.

Hazami, Bashlul. 2016. Peran dan Aplikasi Wakaf Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat di Indonesia. Analisis : Jurnal Studi Keislaman, 16(1), p. 173-204.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 2. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Nata, Abuddin. 2000. Metodologi Studi Islam. Raja Grasindo Persada. Jakarta.

Nawawi, Zuhrinal M. 2011. Kecenderungan Masyarakat Untuk Berwakaf Tunai (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Sumatera Utara). Media Syariah, 13(2), p. 213-226.

Ramdani, Martiyan. 2014. Determinan Kemiskinan di Indonesia tahun 1982-2012. Economic Development Analysis Journal, 4(1), p. 58-64.

Sahlan, Asmaun. 2011. Religiusitas Perguruan Tinggi. UIN Maliki Press. Malang.

Sari, Arum Cempaka. 2018. Pengaruh Sosialisasi, Religiusitas, dan Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Wonosari untuk Berwakaf Tunai di BMT Dana Insani Gunung kidul. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Triyana, Agus., & Zakie, Mukmin. 2014. Problematika Pengelolaan Tanah Wakaf : Konsep Klasik dan Keterbatasan Inovasi Pemanfaatan di Indonesia. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 21(4), p. 583-606.

Yuliana, Erlin. 2020. Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Published
2022-05-14
Abstract viewed = 86 times
PDF downloaded = 84 times