Pengaruh Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, dan Return on Equity Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah di Indonesia

Authors

  • Dodi Okri Handoko Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Zulhelmy Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Dian Tirta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Fitria Risa Program Pascasarjana, Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8672

Keywords:

Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, Return on Equity, Pembiayaan Murabaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), dan Return On Equity (ROE) terhadap Pembiyaan Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2016-2018. Jumlah data yang digunakan adalah sebanyak 84 laporan keuangan triwulan dari 10 Bank Umum Syariah yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FDR, NPF, dan ROE secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan mudharabah. Besarnya pengaruh ketiga variabel independen tersebut terhadap pembiayaan mudharabah adalah 29,6% dan sisanya 70,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Untuk hasil secara parsial, variabel FDR dan NPF tidak berpengaruh terhadap pembiayaan Mudharabah. Sedangkan untuk variabel ROE berpengaruh positif terhadap pembiayaan Mudharabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, Muhammad Syafii. 2012. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Gema Insani. Depok.

Azni., Yuanda, Landes., M. Hatat, Zulhelmy., & Mariyanti, Tatik. 2016. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Dalam Memprediksi Kecenderungan Terjadinya Kebangkrutan Pada Bank Umum Syariah : BNI Syariah, BRI Syariah, Mandiri Syariah, Mega Syariah, Bukopin Syariah (Suatu Studi Penggunaan Model Altman’s Z-Score). Jurnal Risalah, 27(01), p.1-9,

Damayanti, Nadia Putri. 2014. Pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF) Dan Return On Equity (ROE) terhadap Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah di Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi S1 STIE Perbanas. Surabaya.

Darmawi, H. 2018. Manajemen Perbankan dari Teori Menuju Apikasi. Edisi Pertama Cetakan ke-4. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Rajawali Pers. Jakarta.

Ma’siyah, Rifqul., & Mawardi, Imron. 2015. Pengaruh Kecukupan Modal, Fungsi Intermediasi, Efisiensi Operasional, Dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Syariah Periode Januari 2010-Juli 2014). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 2(3), p. 249-265.

Mahardika, Dewa P.K. 2015. Mengenal Lembaga Keuangan. Gratama Publishing. Bekasi.

Muhammad, Rifqi. 2008. Akuntansi Keuangan Syariah, Konsep dan Implementasi PSAK Syariah. P3EI Press. Yogyakarta.

Otoritas Jasa Keuangan. 2018. Statistik Perbankan Syariah Desember 2018.

Prastanto. 2013. Pengaruh Financing to Deposit Ratio, Non Performing Finance, Debt to Equity Ratio, Quick Ratio, dan Return on Equity Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Bank Umum Syariah di Indoensia. Skripsi, Fakultas ekonomi universitas Negeri Semarang. Semarang.

Rinati, Ina. 2008. Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham pad Perusahaan yang Tercantum Indeks LQ45. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Universitas Gunadarma.

Rose, AM. 2016. Analisis pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) Dan Quick Ratio (QR) Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2010-2013. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia. Kediri

Siagian,Yupin Kirana., Budiman, Iskandar., & Kismawadi, Eely Ridho., 2017. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap PembiayaanMurabahah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Adeco Langsa tahun 2013-2016. IAIN Langsa. Ihtiyadh, 1(1), p. 56-78.

Thomson Reuters, 2018. Islamic Finance Development Report 2018.

Yaya, Rizal., Martawireja, Aji Airlangga., & Abdurahim, Ahim. 2014. Akuntansi Perbankan Syariah, Teori dan Praktik Kontemporer. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2022-01-13