REVENUE SHARING OR PROFIT SHARING? AKUNTAN ALASANNYA

Authors

  • Maharani Universitas Negeri Gorontalo
  • Rianti Daud Universitas Negeri Gorontalo
  • Niswatin Universitas Negeri Gorontalo
  • La Ode Rasuli Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7521

Keywords:

Revenue Sharing, Revenue Margin, Mudharabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah metode bagi hasil yang digunakan oleh bank-bank syariah di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan untuk melihat seperti apa bank syariah secara umum menerapkan metode bagi hasil revenue sharing atau profit sharing menggunakan metode sampling dalam menentukan objeknya. Sampel penelitian ini adalah Bank Muamalat cabang Kota Gorontalo dan Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai staf bank terkait, dan juga melakukan dokumentasi terhadap dokumen-dokumen berupa laporan keuangan secara umum terhadap sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bank-bank syariah terkhusus di Gorontalo dan pada umumnya di Indonesia sendiri menggunakan revenue sharing dalam metode bagi hasil mudharabah dibandingkan dengan profit sharing yang banyak digunakan oleh bank syariah yang ada di luar negeri misalkan Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Norafifah., & Haron, Sudin. (2002). Perceptions of Malaysian corporate customers towards Islamic banking products and services. International Journal of Islamic Financial Services. 3(4).

Antonio, Muhammad Syafii. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Jakarta.

Dariah, Atih Rohaeti., Sundaya, Yuhka., & Abdul Malik, Zaini. 2015. Optimizing Input and Output under the Scheme of Mudharabah. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(5), p. 227-231.

Ebrahim, M. Shahid., & Joo, Tan Kai. 2001. Islamic banking in Brunei Darussalam. International Journal of Social Economics, 28(4), p. 314-337.

Hardiwinoto. 2011. Analisis Komparasi Review Anda Profit Sharing Pada Sistem Mudharabah Pada PT. BPRS PNM Binama Semarang. Value Added, 7(2), p. 46-67.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Prasetyo, A. 2019. Akuntansi Keuangan Syariah. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Putri, Ghianisa Oktaria. 2012. Analisis Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Saddhono, Kundharu. 2012. Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) Di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik Dan Sastra, 24(2), p. 176-186.

Sayyid, S. 2013. Fiqih Sunnah 4 / Sayyid Sabiq ; Penerjemah: Abu Syauqina, Abu Aulia Rahma (Cet. 1). Tinta Abadi Gemilang. Jakarta.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja. Bandung.

Susana, Erni., & Prasetyanti, Annisa. 2011. Pelaksanaan dan Sistem Bagi Hasil Pembiayaan al-Mudharabah Pada Bank Syariah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(3), p. 466-478.

Yusof, R. M., Bahlous, M., & Tursunof, H. 2015. Are Profit Sharing Rates of Mudharabah Account Linked to Interest Rates? An Investigation on Islamic Banks in GCC Countries. Jurnal Ekonomi Malaysia, 49(2), p. 77-86.

Downloads

Published

2021-08-31