FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM RIAU

  • Zulkifli Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Nur Meifiani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
Keywords: Minat, Wirausaha, Ekonomi Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi, kemasyarakatan, lingkungan, dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian adalah kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Riau sebanyak 76 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS for Windows Versi 24,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  uji parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor pribadi, kemasyarakatan, lingkungan dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Riau. Nilai koefisien korelasi sebesar 79,4%, sehingga memiliki hubungan yang kuat. Kelima variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha dapat dilihat dari   lebih besar dari  (30,214  2,74). Kesimpulan terdapat kontribusi antara kelima variabel X terhadap variabel Y. Nilai koefisien determinasi sebesar 60,9% dan sisanya sebesar 39,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Jadi, kelima variabel bebas (X) mempengaruhi minat berwirausaha sehingga memiliki hubungan yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitama, Paulus Patria. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomika dan Bisnis, UNDIP Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP. Semarang.

Alma, Buchari. 2017. Kewirausahaan : Untuk Mahasiswa dan Umum. Alfabeta. Bandung.

Astuti, Daharmi., & Maharani, Deswita. 2015. Kompetensi Lulusan Sarjana Ekonomi Syariah dalam Dunia Kerja (Urgensi dan Harapan). Jurnal Al-Hikmah, 12(2), p. 132-151.

Ayuningtias, Hazirah Amalia., & Ekawati, Sanny. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Ekonomi, 20(1), p. 49-71.

Daryanto & Cahyono, Aris Dwi. 2013. Kewirausahaan : Penanaman Jiwa Kewirausahaan. Gava Media. Yogyakarta.

Djali. 2013. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Farid. 2017. Kewirausahaan Syariah. Kencana. Depok.

Fauzan, Ahmad. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Membuka Usaha Butik Busana Muslim di Kota Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Agama Islam Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Kambuaya, Carlos. 2015. Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal, 5(2), p. 157-166.

Mahanani, Estu., & Sari, Bida. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia. Ikraith-Humaniora, 2(2), p. 31-40.

Misbahuddin & Hasan, Iqbal. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta.

Norvadewi. 2015. Bisnis dalam Perspektif Islam (Telaah, Konsep dan Landasan Normatif). Al-Tijary: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), p. 35-37.

Primandaru, Noormalita. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13(1), p. 68-78.

Riduwan. 2018. Dasar-Dasar Statistik. Alfabeta. Bandung.

Sanusi, Anwar. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. RajaWali Pers. Jakarta.

Published
2021-07-25
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 52 times