PENGARUH MOTIVASI, STRES, DAN LINGKUNGAN BELAJAR ISLAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR ISLAMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Ismartaya Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6203

Keywords:

Motivasi, Stress, Lingkungan Belajar Islami, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan stres terhadap prestasi belajar  dengan kovariabel lingkungan belajar Islami pada Prodi Manajemen Universitas Djuanda Bogor Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor. Penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan kovariabel lingkungan belajar Islami. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan non  probability sampling dengan jumlah sampel 296 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan stres berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui lingkungan belajar Islami. Hal ini terlihat dari hasil analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji koefisien determinasi, uji sobel dan analisis jalur. Lingkungan belajar Islami  sebagai variabel moderator  memediasi antara motivasi  terhadap prestasi belajar yang bersifat mediasi parsial maupun lingkungan belajar Islami  sebagai variabel moderator yang memediasi antara stres terhadap prestasi belajar yang keduanya merupakan mediasi penuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Abuddin, Nata. 2013. Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama. Jakarta.

Abuddin, Nata. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Predanamedia Group. Jakarta.

Dalyono. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Jakarta.

Newstrom. J. & Davis, K. 2007. Perilaku dalam Organisasi. Erlangga. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono .2009. Belajar dan Pembelajaran. PT Reneka Cipta. Jakarta.

Dougall, A. L., dan Baum, A. 2001. Stress, Health, and Illness. In A. Baum, T. A. Revension, dan J. E. Singer. Handbook of health psychology. Erlbaum. New Jersey.

Hamalik, Oemar. 2014.Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara. Jakarta.

Hawari, D. 2003. Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. FKUI. Jakarta.

M. Ali Usman, Dalan. 2001. Hadis Qudsi. CV Diponegoro. Bandung.

Richard. 2010. Coping with Stress In a Changing World. McGrawHill. New York.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Sakamoto, Reiko & Minoura, Kazuya & Usui, Akira & Ishizuka, Yoshikazu & Kanba, Shigenobu. 2005. Effectiveness of Aroma on Work Efficiency: Lavender Aroma during Recesses Prevents Deterioration of Work Performance. Chemical senses. 30. 683-91.

Sarafino, E.P. 2006. Health Psychology : Biopsychosocial Interactions. Fifth Edition. John Wiley & Sons. USA.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2021-05-01