THE ROLE OF ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BY BAZNAS LAMPUNG IN EMPOWERING COMMUNITIES THROUGH ALTERNATING LIVESTOCK PROGRAM (STUDY ON CENTRAL LAMPUNG REGENCY)

Authors

  • Ghina Ulfah Sachfurrohman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Evi Ekawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Nur Rachmad Sukowicaksono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ulul Azmi Mustofa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suharto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5738

Keywords:

Pengembangan Masyarakat melalui Zakat, Pemberdayaan Masyarakat, BAZNAS

Abstract

Zakat yang disalurkan ke mustahik (yang berhak atas zakat) akan mempengaruhi ekonomi mereka jika penyalurannya hanya fokus pada usaha produktif. Pada penelitian ini, para peneliti ingin mengetahui seberapa besar peranan Zakat Community Development (ZCD/Pengembangan Masyarakat melalui Zakat) melalui penyediaan program ternak bergilir yang digalakkan oleh BAZNAZ (Badan Amil Zakat Nasional) Lampung untuk memberdayakan masyarakat. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan menggunakan metode campuran atau kombinasi dari metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen pendukung. Terdapat 27 responden sebagai populasi penelitian dan sampel pada penelitian ini terdiri atas 27 responden juga atau seluruh populasi pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan tingkat signifikan sebesar 0,105 atau > 0,05. Maka dapat diartikan bahwa peran ZCD tidak mempengaruhi pemberdayaan masyarakat dikarenakan kurangnya pengawasan, kontrol, dan evaluasi dari BAZNAZ Lampung melalui program ternak bergilir. Hal ini bertentangan dengan harapan yang menyatakan bahwa penyediaan modal dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengubah mustahik menjadi muzakki (orang yang wajib membayar zakat).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama Republik Indonesia. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Fajar Mulia. Jakarta.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Desertasi Dan Karya Ilmiah. Kencana. Jakarta.
Pratama, Yoghi Citra. 2015. Peran Zakat Dalam Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus : Program Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional). The Journal of Tauhidinomics, 1 (1).
Priyatno, Duwi. 2011. SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat Lebih Akurat. Medikom. Yogyakarta.
Solihah, Cucu & Mulyadi, M. Budi. 2018. Realisasi Tujuan Pengelolaan Zakat Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Melalui Program Zakat Community Development (ZCD) Pada Masyarakat Desa Sindanglaka Kabupaten Cianjur. Masalah-Masalah Hukum, Jilid 47 No. 3.
Wijaya, M. 2010. Kemiskinan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Journal of Rural and Development, 1 (1).

Downloads

Published

2020-11-01