HUBUNGAN KEUNTUNGAN DENGAN RESIKO DALAM PERSPEKTIF FIQIH APLIKASINYA PADA INSTITUSI KEUANGAN ISLAM

Authors

  • Eka Nuraini Rachmawati Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau
  • Ab Mumin bn Ab Ghani Akademi Pengajian Islam, University of Malaya (UM)

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5715

Keywords:

Keuntungan, Resiko, Investasi

Abstract

Tujuan berinvestasi adalah mengharapkan keuntungan dimasa yang akan datang. Namun untuk memperoleh keuntungan pelaku bisnis atau investor harus menghadapi resiko dari investasi tersebut, karena pada dasarnya keuntungan dan resiko memiliki hubungan yang searah dan linier. Artikel ini membahas konsep keuntungan, rugi dan resiko dalam perspektif Islam. Selanjutnya, menjelaskan jenis-jenis resiko yang dihadapi institusi keuangan Islam serta untuk mengetahui berlakukah prinsip “high risk high return”  atau “al ghurm bi al ghunm” pada institusi keuangan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimin. 2010. Aplikasi Pasar Sukuk dalam Perspektif Syariah (Studi Analisis Kesesuaian Syariah terhadap Aplikasi Pasar Sukuk Domestik dan Global). Disertasi Pascasarjana Universitas Islam Negri Syarif Hidayahtullah. Jakarta.
Ayub, Muhammad. 2007. Understanding Islamic Finance. Penerjemah: Aditya wisnu Pribadi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Dusuki, Asyraf Wajdi. 2009. Principles and Application of Risk Management and Hedging Instruments in Islamic Finance, di petik dari : www.asyrafwajdi.com.
Fabozzi, Frank. J. 2004. Investment Fifth Edition. Prentice Hall. New York.
Iqbal, Zamir and Mirakhor, Abbas. 2006. An Introduction to Islamic Finance- Theory and Practice, Handbook. Wiley Finance Editions, John Wiley & Sons, Inc.. New Jersey.
Khan, Tariqullah & Habib, Ahmed. 2001. Risk Management An Analysis of Issues in Islamic Financial Industry. Islamic Research and Training Institute. Islamic Development Bank Group. Jeddah.
M. Hanafi, Mamduh. 2006. Manajemen Resiko. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Raharjo, Sapto. 2003. Panduan Investasi Obligasi. Gramedia. Jakarta.
Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Buku Pintar Ekonomi Syariah. Gramedia Pusaka Utama. Jakarta.
Syhatah, Husein dan Fayyadh, Athiyyah. 2004. Bursa Efek- Tuntunan Islam Dalam Transaksi di Pasar Modal, Penerjemah : A. Syakur. Pustaka Progressif.
Syhatah, Husein. 2001. Pokok-Pokok Pikiran Akuntansi Islam. Penerjemah : Husnul Fatarib. Akbar. Jakarta.
T. Sunaryo, 2007. Manajemen Resiko Finansial. Salemba Empat. Jakarta.
Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Kanisius. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-01