ANALISIS PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM MELALUI KEBIJAKAN MONETER DI INDONESIA

Authors

  • milla naeruz universitas islam sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5646

Keywords:

Pendapatan, Pembiayaan Syariah, Suku Bunga BI, UMKM

Abstract

Industri perbankan terus mengalami peningkatan tetapi UMKM masih banyak yang tidak tersentuh oleh industri ini. Padahal pemerintah sudah menggalakkan UMKM dan banyak memberikan stimulus berupa bunga yang rendah, namun mengapa ini masih menjadi dilema oleh UMKM. Penelitian ini adalah penelitian yang membahas hubungan perkembangan perbankan syariah atau pembiayaan syariah terhadap UMKM melalui kebijakkan Bank Indonesia yaitu suku bunga BI. Dan dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwasanya peningkatan secara langsung pembiayaan syariah berhubungan negatif terhadap kebijakkan Bank Indonesia dalam hal ini adalah kebijakkan menentukan bunga dan secara langsung pembiayaan syariah berhubungan positif terhadap perkembangan UMKM. Dan secara tidak langsung suku bunga BI tidak terlalu berhubungan terhadap UMKM. Secara keseluruhan bahwasanya perkembangan UMKM tidak berhubungan terhadap suku bunga BI karena UMKM hanya butuh pembiayaan untuk modal agar dapat meningkatkan usaha mereka. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari tahun 2008 sampai dengan agustus 2019 yang diperoleh dari data BPS, OJK dan Bank Indonesia serta diolah menggunakan Aplikasi Path.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Perwataatmadja, Karnaen dan Syafi’i Antonio. 1992. Apa dan Bagaimana Bank Syariah. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta.

Amah, N. 2013. Bank Syariah dan UMKM dalam Menggerakkan Roda Perekonomian Indonesia : Suatu Kajian Literatur. Assets : Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 2(1).

Arafah, W., & Nugroho, L., 2016. Maqhashid sharia in Clean Water Financing Business Model at Islamic Bank. International Journal of Business and Management Invention, 5(2), 22-32.

Dahlan, Siamat. 2004. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Keempat. Lembaga Penerbit Fakultas Universitas Indonesia. Jakarta.

Ghozali, 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Penerbit UNDIP. Semarang.

Kara, M. 2013. Konstribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Makassar. Ahkam Jurnal Ilmu Syariah, 13(2).

Keynes, John M. 1936. The General Theory of Employment, Interest and Money. Harcourt Brace. New York.

Niswonger. 2006. Prinsip Prinsip Akuntansi. Airlangga. Jakarta.

Pato, S. 2013. Analisis Pemberian Kredit Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Primiana, Ina. 2009. Menggerakkan Sektor Riil UKM & Industri. Alfabeta. Bandung.

Rifa’i, A. 2017. Peran Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Melalui Pembiayaan UMKM. IKONOMIKA, 2(2).

Rudjito. 2003. Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Strategi Bisnis. Makalah yang di sampaikan pada Seminar Peran Perbankan dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI Dengan BRI.

Sudarsono, Heri. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsi dan Ilustrasi. Ekonisia. Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Swanburg, R.C. 2000. Pengantar Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. Alih Bahasa: Suharyati Samba. EGC. Jakarta.

Winardi. 1997. Azas-azas Marketing. Penerbit Alumni. Bandung.

Downloads

Published

2020-11-01