PENGARUH FAKTOR CAMEL TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2014-2018

Authors

  • Mutiara Mustafa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5336

Keywords:

CAMEL, CAR, ROA, BOPO, NPL, NIM

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji perbandingan tingkat bank konvensional dan bank umum syariah dengan menggunakan  ROA periode 2014-2018. Populasi penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia yaitu sebanyak 14 perusahaan. Berdasarkan teknik purposive sampling didapatkan sampel 7 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang di dapat dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website www.ojk.go.id dan www.bi.go.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, (2) BOPO berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, (3) NPL berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, (4) NET berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dendawijaya, Lukman. 2017. Manajemen Perbankan, Ghalia Indonesia. Jakarta.
Greuning, H. Van, Iqbal, Z., 2011. Ananlisis Risiko Perbankan Syariah (Risk Analysis for Islamic Banks). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Laily, Wahidda Fitri Nur. 2014. Pengaruh Rasio CAMELS Terhadap Tingkat Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah. Skripsi Sarjana tak diterbitkan. STIE Perbanas Surabaya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Usman, Husaini, dan Akbar, Purnomo Setiadi. 2008. Pengantar Statistika. Bumi Aksara. Jakarta.

Downloads

Published

2020-05-01