PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI FINTECH ADIRAKU PT. ADIRA FINANCE SYARIAH SATELLITE BALUNG

Authors

  • Nur Istianah Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan Probolinggo
  • Abdul Ghafur Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan Probolinggo
  • Moh. Samsul Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16667

Keywords:

Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, Aplikasi Fintech

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan dan kepercayaan nasabah dalam menggunakan aplikasi fintech Adiraku  pada  PT. Adira Finance Syariah Balung. Pada zaman digitalisasi saat ini yang berkembang pesat PT. Adira Finance Syariah Balung bergerak dibidang Startup, badan usaha yang berjalan dan fokus pada pengembangan kualitas target pasar yang bergerak dibidang digital. Jenis Startup, terbagi menjadi dua jenis yaitu e-commerce dan fintech. PT.  Adira Finance termasuk dari perusahaan yang bergerak di bidang Startup, salah satu perusahaan yang menggunakan aplikasi fintech. Masalahnya perpsepsi kemudahan dan kepercayan nasabah dalam menggunakan aplikasi fintech Adiraku masih minim penggunaanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling sensus dan sampling jenuh. Populasi yang digunakan oleh peneliti ialah nasabah aktif Adiraku yang menggunakan aplikasi Adiraku pada bulan Januari 2024. Dengan jumlah populasi sebanyak 54 responden pada Adira Satellite Balung, Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel total atau sensus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel perpsepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil tersebut, variabel persepsi kepercayaan berpengaruh positif, artinya dua variabel persepsi kepercayaan dan kemudahan menggunakan aplikasi fintech Adiraku berdampak positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, Aandarusni., & Mariyani. 2020. Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), p. 146-150.

Amalia, Nurul. 2021. Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Persepsi Keamnan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Secara Online Melalui Aplikasi TIX. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Ananda, Dea Restu. 2020. Implementasi Aplikasi Fintech Adiraku Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah Menggunakan Data Mining. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor.

Basalamah, Raihanah., Nurdin., Haekal, Ahmad., Noval., & Jalil, Abdul. 2022. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Resiko terhadap Minat menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay pada Generasi Milenial di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), p. 57-71.

Billah, Zahida I'tisoma., & Nuntupa. 2021. Peran Dan Kendala Fintech Syariah Pada UMKM. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 2(2), p. 252-266.

Deliyana, Rena., Permatasari, Berlintina,. & Sukmasari, Dewi. 2022. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile Banking BCA. Journals of Economics and Business, 2(2), p. 1-16.

Hasanah, Rohmatul., Wahab, Abd Aziz., & Susila, Ahdiyat Agus. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Payment Point BSI Genggong Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pembayaran Biaya Pendidikan Mahasiswa FEBI UNZAH). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), p. 5174-5187.

Meileny, Findy., & Wijaksana, Tri Indra. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 4(2), p. 200-210.

Nurbakti, Rezky., Putri, Lydia Gustina., Kurniawan, David Rindu., Judijanto, Loso., & Arifin, Mohd. Samsul. 2023. Analysis of The Influence of Digital Promotions, Perception of Ease, Transparency and Service Features Toward Public Intention to Use Digital Bank in Money Saving. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 5(3), p. 79-84.

Pontoh, Michael B., Kawet, Lotje., & Tumbuan, Willem A. 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), p. 285-297.

Priadana, Sidik., & Sunarsi, Denok. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. Tangerang.

Rahman, Moh Abd., Fadila, Nurul., & Nuntupa. 2023. Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Dan Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 4(1), p. 77-87.

Ramadhan, Nabilah., & Sembiring, Jafar. 2017. Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan di Human Capital Center PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(1), p. 47-58.

Rosmida. 2021. FINTECH: Pengawasan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perlu dimaksimalkan. Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis, p. 113-120.

Sugiyono., & Lestari, Puji. 2021. Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional). Alvabeta. Bandung.

Trianggana, Dimas Aulia. 2020. Peramalan Jumlah Siswa-Siswi Melalui Pendekatan Metode Regresi Linear. Jurnal Media Infotama, 16(2), p. 115-120.

Downloads

Published

2024-03-30