ANALISIS KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF TERHADAP EFEKTIVITAS BIAYA PEMASARAN DI BANK UMUM SYARIAH

Authors

  • Nurul Istifadhoh Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16270

Keywords:

Kualitas Aktiva Produktif, Efektivitas Biaya Pemasaran, Bank Umum Syariah

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami pengaruh kualitas aktiva produktif terhadap efektivitas biaya pemasaran di bank  syariah sejak November 2021 sampai Oktober 2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu bank syariah di Indonesia sedangkan pemilihan sampel pada Bank Umum Syariah. Data yang dipakai didapat dari laporan statistik lewat situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengujian hipotesis memakai analisis regresi sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS Statistcis 27 dan teknik analisis data memakai uji asumsi klasik, uji statistik t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis dan pembahasan mengarahkan bahwa kualitas aktiva produktif  mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap efektivitas biaya pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Partica Ayu. 2020. Analisis Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 03(02), p. 811-827.

Anggraini, Tuti., & Effendi, Lutfiah. 2023. Analisis Strategi Marketing Pada Tabungan Smart IB Payroll (Studi Kasus KCP Bank Sumut Syariah Simpang Kayu Besar). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(5), p. 10345-10353.

As’ad, Ajmal., Basalamah, Muhammad Syafi'i., & Djamereng, Asdar. 2020. Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Ekomonika, 4(1), p. 73-81.

Budiwati, Hesti. 2021. Manajemen Kualitas Aset Produktif dan Pengaruhnya Terhadap Laba Bank pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia. Relasi : Jurnal Ekonomi, 17(01), p. 56-75.

Dwianto, Agus., Setiawati, Erna., Puspitasari, Diana., & S, Nurlita Arum. 2024. Pengaruh Fraud Diamond Terhadap Fraudulent Financial Reporting. KEUNIS: Journal Finance and Business, 12(01), p. 1-20.

Dz, Abdus Salam. 2018. Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), p. 63-80.

Farid, Dzaki Miftah., & Akhmadi. 2023. Peran Mediasi Profitabilitas: Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Leverage Sebagai Variabel Kontrol pada Perusahaan BUMN. KEUNIS: Journal Finance and Business, 11(02), p. 118-130.

Grilseda, Nadya., & Riyadi, Selamet. 2021. Pengaruh CAR, LDR, KAP dan NPL terhadap ROA Bank Go Public yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(01), p. 53-67.

Hasnita, Nevi., Fitria, Ana., & Maidari, Elisa. 2023. Pemanfaatan Teknologi dalam Pengembangan Produk Tabungan dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Aceh. JHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), p. 23-38

Kurniasari, Rani. 2017. Analisis Return on Assets (ROA) dan Return on Equity Terhadap Rasio Permodalan (Capital Adequacy Ratio) pada PT. Bank Sinarmas Tbk. Jurnal Moneter, 04(02), p. 150-158.

Listyani, TH. Tyas., Nisak, Novi Meherizca CHoirun., & Prihatiningsih. 2023. Kinerja Keuangan Berdasarkan Proses Bisnis Internal Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada Perusahaan Berbagai Sektor dengan Kapitalisasi Tertinggi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2021. KEUNI, 11(01), p. 27-41.

Maryamah, Neni., Widowati, Mustika., & Fajria, Rola Nurul. 2023. Analisis Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Layanan, dan Penggunaan M-Banking Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). KEUNIS: Journal Finance and Business, 11(01), p. 58-72.

Misno, Abdurrahman., & Rifai, Ahmad. 2023. Metode Penelitian Muamalah. Salemba Diniyah. Jakarta.

Mukaromah, Lailatul., & Krisnaningsih, Diah. 2023. Pengaruh Aset Produktif dan Non Produktif Terhadap Profitabilitas Bank Central Asia Syariah Periode Tahun 2017-2021. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 09(01).

Muliyanti, Sri., Agusti, Restu., & Azhari. 2023. Pengaruh Good Corporate Governance, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing, Kualitas Aktiva Produktif, dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 03(01), p. 38-46.

Nofitasari, Ayu Putri., & Fadilah, Sri. 2023. Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif dan Non Performing Loan terhadap Pembentukan Penyisihan Aktiva Produktif. Bandung Conference Series: Accountancy, 03(01), p. 118-125.

Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rolianah, Wiwik Saidatur., & Istifadhoh, Nurul. 2022. Analisis Faktor Eksternal Terhadap Risiko dalam Pembiayaan Bermasalah di Bank Umum Syariah. SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 04(02), p. 49-59.

Rolianah, Wiwik Saidatur., Miftahurrahman., & Sari, Dewi Pusoita. 2021. Analisis Rasio Keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19. Iqtishaduna: Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 12(02), p. 136-149.

Rolianah, Wiwik Saidatur., Mulyani, Sri., & Hasyim, Muhammad Ridlwan. 2021. Analisis Manajemen Risiko Imbal Hasil Perbankan Syariah di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), p. 129-140.

Sa’diyah, Khotimatus., Hasbiyah, Wiwik., & Suhatman, Zaldy. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Syariah di Bank BSI KC Ciputat. Madani Syariah, 5(2), p. 121-131.

Satriawan, R. Adri., & Azlina, Nur. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif Dan Kredit Bermasalah Terhadap Profitabilitas Pada Bank BPR (Studi kasus pada PT. BPR dan PD. BPR di Propinsi Riau). Laporan Penelitian, Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Tartila, Muzzayana., & Asmuni. 2022. Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), p. 3310-3316.

Vanni, Kartika Marella., & Nadan, Viki Safirotu. 2023. Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Banking Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(2), p. 237-248.

Widhiati, Iksanti Nur. 2021. Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), p. 200-208.

Wulandari, Diah. 2023. Pemasaran Produk Bank Syariah di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), p. 3085-3092.

Yasa, Gerianta Wirawan., & Setyawan, I. Gusti Ngurah Dody. 2011. Pengaruh Pertumbuhan Aktiva Produktif dan Dana Pihak Ketiga Pada Kinerja Operasional Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 02(02), p. 1-19.

Downloads

Published

2024-06-20