ANALISIS KINERJA AMIL BAZNAS SIDOARJO DALAM PENGELOLAAN DANA ZIS DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (BSC)

Authors

  • Nurul Komariyah Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Trunojoyo Madura
  • Ahmad Makhtum Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14360

Keywords:

Kinerja, Zakat, Infak, Sedekah, Balance Scorecard

Abstract

Efektivitas kinerja amil menjadi tolak ukur kinerja lembaga BAZNAS yang sesuai dengan prinsip pengelolaan zakat sesuai syariah Islam, bekerja secara profesional dengan tetap memperhatikan aspek etika bisnis yang adil dan proporsional. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja amil BAZNAS Sidoarjo melalui 4 (empat) indikator (perspektif keuangan, perspektif pelanggan (muzakki dan mustahik), perspektif bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) sebagai upaya dapat mempengaruhi perkembangan lembaga kedepannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian dalam pengukuran metode Balanced Scorecard pada penghimpunan dan pendistribusian dana ZIS mampu mencapai target di setiap tahunnya. Muzakki merasa puas atas pelayanan yang diberikan serta mustahik merasa puas atas beberapa program yang tersalurkan sesuai dengan prosedurnya. BAZNAS Sidoarjo dapat dikatakan efektif sebagai tujuan strategis yang mampu memperhatikan kepentingan stakeholder dalam meningkatkan pendapatan mustahik guna menciptakan kemandirian umat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan mustahik dengan tujuan mengubah status mustahik kelak menjadi muzakki. Serta produktivitas dan retensi pegawai BAZNAS telah mencapai tujuan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allamah, Rijal., Sudiarti, Sri., & Saputra Julfan. 2021. Peran Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf dalam Memberdayakan Ekonomi Ummat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), p. 35-46.

Arsita, Nurfitri., & Rohim, Ade Nur. 2023. Efektivitas Penyaluran Dana ZIS pada Sektor Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 4(2), p. 244-246.

Azizah, Siti Nur. 2021. Manajemen Kinerja (Cetakan ke-1). Penerbit PT. Nasya Expanding Management (NEM). Jawa Tengah.

Bahri, Efri Syamsul., & Arif, Zainal. 2020. Analisis Efektivitas Penyaluran Zakat pada Rumah Zakat. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), p. 13-24.

BPS Kabupaten Sidoarjo. 2022. Berita Resmi Statistik Profil Kemiskinan Maret 2022 Kabupaten Sidoarjo. Jawa Timur.

Dahruji, & Permata, Arif Rachman Eka. 2017. Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam : Tinjauan Teoritik Dan Empiris di Indonesia. Dinar : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 4 (1), p. 1-11.

Dikuraisyin, Basar. 2021. Balanced Scorecard Analysis of Amil Kompetensi Competence as a Model Rule for the Development of Zakat Institutions Resources (Study at LAZ Rumah Zakat Surabaya, East Java). El-Qisṭ: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 11(02), p. 165-181.

Haidir, M. Samsul. 2020. Analisis Kinerja Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Islamiconomic : Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), p. 23-44.

Khadijah, Siti., & Mufti, Afif. 2018. Analysis of Amil Zakat Institution Performance Using the Balanced Scorecard Method (Case study in BAZNAS Sragen). Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), p. 28-38.

Mahmudah, Latifatul., & Yasin, Ach. 2022. Analisis Pengelolaan Dana Zakat Produktif Dalam Memberdayakan UMKM Pada LAZIS Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Lamongan. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), p. 119-130.

Makhtum, Ahmad. 2017. Peran LAZISMU Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kota Surabaya; Studi Kasus di LAZISMU (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah) Tesis, Sekolah Pasca Sarjana Ilmu Ekoomi Islam Perpustakaan Universitas Airlangga.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mubarok, Wafiq Ibnu., & Safitri, Rini. 2022. Analisis Faktor yang Mempengaruhi minat Muzakki Membayar zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5 (2), p. 474-479.

Riyanto., & Tesmanto, Joni. 2022. Efektivitas Pengelolaan Zakat di BAZNAS Kota Bekasi dengan Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), p. 725-729.

Syafitri, Okta Yuripta., Najla., Huda, Nurul., & Rini, Nova. 2021. Tingkat Religiusitas dan Pendapatan: Analisis Pengaruh Terhadap Keputusan Membayar Zakat, Infaq dan Shadaqah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), p. 34–40.

Tarigan, Wico Jontarudi., & Mahaitin, H. Sinaga. 2022. Analisis Pengukuran Kinerja Untuk Mengevaluasi Perencanaan Strategis Dengan Menggunakan Balance Scorecard. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), p. 1196–1207.

Downloads

Published

2023-11-18