THE INFLUENCE OF THE LEVEL OF RELIGIOSITY, INCOME AND EDUCATION OF BUSINESS PLAYERS ON THE OBLIGATION TO PAY ZAKAT IN SUNGAI PENUH

Authors

  • Nelly Patria Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Syafrul Antoni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Zul Ihsan Mu'arrif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).13059

Keywords:

Pendidikan, Religiusitas, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas, pendapatan dan pendidikan pelaku usaha terhadap kewajiban membayar zakat di kota Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 orang responden (muzakki) di BAZNAS Kota Sungai Penuh. Penelitian ini hasilnya dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Uji kualitas data dalam penelitian ini adalah uji validitas Pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Untuk Uji hipotesis dalam penelitian ini, menggunakan uji koofisien determinasi yang sudah disesuaikan dengan uji F, uji t. Hasil dari nilai signifikansi dari penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, pendapatan dan pendidikan pelaku usaha berpengaruh secara signifikan terhadap kewajiban membayar zakat di kota Sungai Penuh dengan nilai signifikansi masing-masing yaitu 0,000, 0,010, dan 0,002. Ketika dilakukan pengujian secara bersama-sama, semua variabel berpengaruh secara signifikansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adachi, Mari. 2018. Discourses of Institutionalization of Zakat Management System in Contemporary Indonesia: Effect of the Revitalization of Islamic Economics. International Journal of Zakat, 3(1), p. 25–35.

Ajzen, Icek 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), p. 179-211.

Ali, Nuruddin. 2006. Zakat Sebagai Instrumen Dalam Kebijakan Fiskal. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah: dari Teori ke Praktik. Gema Insani Press. Jakarta.

Bandura, Albert. 1982. Mekanisme Self-Efficacy dalam Agensi Manusia. American Psikolog, 37(2), p. 122-147.

Cokrohadisumarto, Widiyanto bin Mislan., Zaenudin, Z., Santoso, Bejo., & Sumiati, Siti. 2020. A Study Of Indonesian Community’s Behaviour In Paying Zakat. Journal of Islamic Marketing, 11(4), p. 961–976.

Fealy, Greeg., & White, Sally. 2008. Expressing Islam : Religious Life and Political in Indonesia. Iseas Publishing. Singapore.

Firmansyah, 2016. Zakat sebagai Instrumen Pengentasan Kemiskinan dan Kesenjangan Pendapatan, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 21(2), p. 179-190.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gujarati, Damodar N. 2012. Ekonometrika Dasar-dasar. Mangunsong, RC. Jakarta.

Hafidhuddin, Didin. 2002. Zakat dalam Perekonomian Modern. Gema Insani. Jakarta.

Idris, Md Kamil., Bidin, Zainol., & Saad, Ram Al Jaffri. .2012. Islamic Religiosity Measurement and Its Relationship With Business Income Zakat Compliance Behavior. Jurnal Pengurusan. 34, p. 3-10.

Kartika, Indri. 2019. Pengaruh Religiusitas dan Pendapatan terhadap Minat Membayar Zakat dengan Kesadaran Membayar Zakat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Tesis, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Mahmood, Saba. 2005. Politics of Piety: The Islamic Revival and the Feminist Subject. University of Princeton. New Jersey.

Muhammad, Sani Adamu., & Saad, Ram. Al-Jaffri. 2016. Moderating Effect of Attitude toward Zakat Payment on the Relationship between Moral Raeasoning and Intention to Pay Zakat. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, p. 520–527.

Nasution, Eri Yanti. 2017. Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Kesadaran Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS): Studi Kasus Kota Medan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 17(2), p. 147-158.

Nugroho, Aditya Surya., & Nurkhin, Ahmad. 2019. Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Melalui BAZNAS dengan Faktor Usia Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), p. 955-966.

Nur‘aini, Hanifah., & Ridla, M. Rasyid. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga, dan Religiusitas Terhadap Minat Muzakki untuk Menyalurkan Zakat Profesi. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), p. 207-228.

Pangestu, Indriana Retno. 2018. Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Lingkungan terhadap Motivasi Masyarakat dalam Membayar Zakat Infaq Shadaqah. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijawa Malang.

Qardhawi, Yusuf. 2007. Hukum Zakat diterjemahkan oleh (Salman Harun, Didin Hafidhuddin & Hasanuddin, Terjemahan edisi ke10). PT. Mitra Kerjaya Indonesia. Jakarta.

Salmawati., & Fitri, Meutia. 2018. Pengaruh Tingkat Pendapatan, Religiusitas Akuntabilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Baitul Maal Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3(1), p. 54-66.

Sardina, Anna., & Zulfison. 2018. Implementasi Literasi Keuangan Syariah Pada Alokasi Dana ZISWAF Masyarakat. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(2), p. 172-180.

Satrio, Eka & Siswantoro, Dodik. 2016. Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas dalam Mempengaruhi Minat Muzakki untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, p. 1-22.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV. Bandung

Widiyanti, Wida., Solehuddin, M., & Saomah, Aas. 2017. Profil Perilaku Narsisme Remaja Serta Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), p. 15-26.

Downloads

Published

2023-06-19