DAMPAK IMPLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAZNAS (SIMBA) PADA AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ZAKAT DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Lailatul Mukarromah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan
  • Cici Widya Prasetyandari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan
  • Mamluatun Ni'mah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan
  • Nailin Nikmatul Maulidiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).12800

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA), Pengumpulan Zakat, Pendistribusian Zakat

Abstract

BAZNAS merupakan suatu lembaga badan amil zakatĀ  nasional yang bertugas untuk menghimpun serta menyalurkan dana zakat kepada masyarakat yang berhak menerima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) terhadap pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Probolinggo. Karena dalam penelitian ini hanya terdapat dua variabel terikat dan satu variabel bebas, maka strategi yang digunakan dalam penelitian iniĀ  adalah analisis regresi linier sederhana dan menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana untuk memastikan seberapa besar hubungan antara kedua variabel tersebut. dan instrumen dalam program Statistical for the Social Sciences (SPSS). Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA), dari rancangan penelitian ini dapat menghasilkan bahwa dampak Implikasi Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) terhadap pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Probolinggo belum sepenuhnya berpengaruh. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa implikasi SIMBA berdampak pada penghimpunan zakat sebesar 21,1% dan pendisdistribusian zakat sebesar 16,2%, sedangkan sisanya berdampak pada variabel lain sebesar 62,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz. 2022. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiyah Universitas Islam Zainul Hasan. Q-Media. Yogyakarta.

Bastomi, Hasan. 2018. Optimalisasi Potensi Zakat : Sebuah Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ummat. Jurnal MD, 4(2), p. 167-186.

Hamidah, Dewi Wulandari Nur. 2017. Pengaruh Penerapan Teknologi Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA) Dan Citra Lembaga Pengelola Zakat Terhadap Trust Muzakki Di BAZNAS Kota Mojokerto. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Heteragen. 2018. Pengelola Dana Zakat Untuk Pemberdayaan Mustahik Pada LAZISNU Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo.

Indrawati, Rina. 2016. Evaluasi Penerapan Undang-Undang Pengelolaan Zakat dan Akuntansi Zakat (PSAK 109) Pada BAZNAS Provinsi Jatim. Jurnal Akuntansi Akunesa, 4(2), p. 1-28.

Insani. 2021. Hukum Zakat Persan BAZNAS Dalam Pengelolaan Zakat. Andi Offset. Yogyakarta.

Jalil, Abdul. 2019. Mengenal Zakat Fitrah Dan Zakat Mal. Mutiara Aksara. Semarang.

Jumaidah. 2021. Pemanfaatan SIMBA Dalam Transparasi Pelaporan Dana Zakat Pada Baznas Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Khasanah, Umrotul. 2010. Manajeman Zakat Modern Istrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat. UIN-Maliki Press. Malang.

Latief, Nur Fitry. 2019. Implementasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian Kementrian Agama, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Marseli, Anisa., & Zainuddin. 2020. Investasi Dana Zakat Sebelum Didistribusikan Kepada Mustahiq Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Syarikah, 6(2), p. 182-188.

Muarif, Moh. Syamsul 2022. Efektifitas Pengelolaan Zakat Sebagai Langkah Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Jombang). Minhaj : Jurnal Ilmu Syariah, 3(1), p. 64-78.

Nawawi, Kholil., & Maudy, Witri Aulia. 2019. Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Manajemen Zakat BAZNAS (SIMBA) Terhadap Pengelolaan Zakat Kota Bogor. Jurnal Ekonomi Islam, 10(2), p. 227-241

Priyanto, Duwi. 2021. Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linierdengan SPSS Dan Analisis Regresi Data Panel Dengan Eviews. Andi offset. Yogyakarta.

Sarwono, Jonathan. 2011. PASW Statistics 18: Belajar Statistik Menjadi Mudah Dan Cepat. Andi Offset. Makassar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Toynbee, Arnold. 2004. Sejarah Umat Manusia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Parawisata. Andi Offset. Makassar.

Yulinartati., Roziq, Ahmad., Ekaningsih, Lely Ana Ferawati. 2013. Three Circles Model Revitalisasi Lembaga Pengelolaan Zakat Pada LAZIZMU Di Kabupaten Jember. Inferensi : Jurnal Penelitian Sosial Agama. 7(2), p. 387-408.

Downloads

Published

2023-05-20