PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY (SST) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN DIGITAL (STUDY KASUS BANK SYARIAH INDONESIA)

Authors

  • Nurjuni Arnita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Miti Yarmunida Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yenti Sumarni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).12784

Keywords:

Self Service Technology, Automatic Teller Machine, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah

Abstract

Self service technology (SST) merupakan teknologi yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi ataupun melakukan pelayanan secara mandiri tanpa tergantung pada karyawan, pada dunia perbankan layanan self service technology yang dapat digunakan nasabah yaitu layanan automatic teller machine/ATM dan mobile banking guna mempermudah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh self service technology terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital perbankan syariah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dua variabel independen (automatic teller machine/ATM (X1) dan mobile banking (X2)). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner pada nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menggunakan layanan self service technology. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 104 responden. Uji Instrumen dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data dilakukan dengan uji statistik inferensial dan uji hipotesis dengan alat analisis yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan automatic teller machine/ATM dan mobile banking  berpengaruh secara positif terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Shelly. 2021. Pengaruh Layanan, Fasilitas, dan Self Service Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Pelembang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Arthesa, Ade., & Handiman, Edia. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Pustaka Indeks. Bandung.

Azisyah, Devi Ayu. 2016. Pengaruh Self Service Technology, Kualitas Layanan, Hubungan Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI di Surabaya. Skripsi, Sekolah Tinggi Ekonomi Perbanas Surabaya.

Davis, Fred D. 1989. Perceived Usefulnes, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Tecnology, MIS Quartertly (Online), 13(3), p. 319-340.

Eviliyanto. 2014. Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Perbankan di Kota Surakarta, Edukasi : Jurnal Pendidikan, 1(1), p. 49-62.

Grace, Diana., & Novander. 2017. Analisis Pengaruh Automatic Teller Machine Dan Short Message Service Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 3(1), p. 39-50.

Kusumasitta. 2014. Relevansi Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Bagi Pengunjung Museum di Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 7(1), p. 153-176.

Mahrun, Robby Syifa’ul. 2020. Pengaruh Self Service Technology dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Erahn.id). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Markonah. 2017. Analisis Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Jakarta. Paper Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama, p. 470-488.

Marlina, Asti., & Bimo, Widhi Ariyo. 2018. Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Ilmiah Inovator, 7(1), p. 14-34.

Saputri, Eka Diah. 2020 Pengaruh Digitalisasi Perbankan Melalui Self Service Technology Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan Digital Bank Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung.

Sartika, Desi. 2022. Peforma Automatic Teller Machine (ATM) Bank Syariah Indonesia (BSI) Pasca Merger 3 Bank. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeru Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Tampubolon, Nelson. 2015 Bijak Ber-eBanking. Otoritas Jasa Keuangan. Jakarta.

Wicaksono, Banar Suryo., Kumadji, Srikandi., & Mawardi, M. Kholid. 2015. Pengaruh Self Service Technology Terhadap Kepercayaan, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah (Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang Kawi Kanwil Malang). Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), 25(2), p. 1-10.

Downloads

Published

2023-05-11